Uji Emisi Akan Jadi Syarat Perpanjang STNK

"Kalau hampir sekitar 287.000 bengkel bermain semua untuk uji emisi ini, saya yakin akan ada perubahan signifikan terhadap kualitas udara"

Uji Emisi Akan Jadi Syarat Perpanjang STNK
Warta Kota/Rangga Baskoro
KEPALA Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji memberikan keterangan di sela-sela kegiatan Uji Emisi Massal di Jalan Benyamin Suaeb, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (17/12/2017). 

WARTA KOTA, KEMAYORAN --- Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan pihaknya berharap uji emisi menjadi salah satu persyaratan untuk memperpanjang Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) atau pajak kendaraannya.

Hal itu dikemukakannya untuk menghindari oknum yang dinilainya kerap memalsukan stiker lolos uji emisi yang menyebabkan banyak masyarakat yang tidak peduli dengan lingkungan.

"Jadi nantinya uji emisi menjadi pra syarat perpanjangan pajak kendaraan bermotor," kata Isnawa usai kegiatan Uji Emisi Massal di Jalan Benyamin Suaeb, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (17/12).

Program tersebut dilakukan Dinas LH yang bekerjasama dengan Dishub dan Samsat BPKD yang nantinya akan dikoneksikan sehingga tak ada kendaraan roda empat yang tidak melakukan uji emisi.

"Kami Dinas Lingkungan Hidup menyadari bahwa banyak sekali viral yang menunjukkan seakan-akan kualitas udara Jakarta semakin menurun," kata Isnawa.

Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan Jakarta Smart City. Artinya nanti warga Jakarta pada saat melakukan servis kendaraan bermotor di bengkel-bengkel mereka juga bisa langsung melakukan uji emisi.

"Kendaraan otomatis pada saat mereka melakukan uji emisi di bengkel-bengkel yang tersertifikasi oleh kita, yang sudah kerjasama dengan kita, nantinya data kendaraan tersebut akan masuk ke dalam server kita di Dinas Lingkungan Hidup," katanya.

Lebih jauh lagi, Isnawa berharap agar kegiatan uji emisi massal tak hanya dilakukan secara seremonial saja. Ia menginginkan agar ratusan bengkel kendaraan juga bekerjasama melakukan uji emisi dengan harapan bisa mengubah kualitas udara di Ibu kota menjadi lebih baik.

"Kalau hampir sekitar 287.000 bengkel bermain semua untuk uji emisi ini, saya yakin akan ada perubahan signifikan terhadap kualitas udara," katanya. 

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help