Home »

Bisnis

» Mikro

Sarinah Jadi 'Official Partner' Perhelatan Asian Games

... jalan panjang Sarinah telah menjadikannya bukan sebagai sekedar pusat perbelanjaan biasa.

Sarinah Jadi 'Official Partner' Perhelatan Asian Games
Warta Kota/Henry Lopulalan
Ilustrasi. Model berbusana batik menuruni dinding gedung Sarinah di Jakan MH Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat. 

WARTA KOTA, TANAH ABANG -- Pusat perbelanjaan Sarinah di Jalan Thamrin Jakarta Pusat, punya sejarah lebih panjang dibandingkan pusat perbelanjaan lain yang ada di Indonesia.

Boleh jadi Sarinah sudah tidak semodern pusat perbelanjaan lain. Namun jalan panjang Sarinah telah menjadikannya bukan sebagai sekadar pusat perbelanjaan biasa.

Sejarah ini pula yang menjadikan Sarinah mampu membangun kerja sama dengan komunitas pariwisata, khususnya pemandu wisata dan Kementerian Pariwisata untuk menjadikannya sebagai salah satu tujuan wisata di Jakarta.

Sebagaimana tercatat di Wikipedia, Sarinah adalah pusat perbelanjaan pertama sekaligus pencakar langit pertama di Jakarta. Dibangun pada tahun 1963 dan diresmikan oleh Presiden pertama Ir Soekarno pada tahun 1967.

Nama Sarinah diambil dari nama pengasuh Soekarno pada masa kecil. Pendiriannya juga digagas oleh Soekarno yang ingin Indonesia memiliki pusat perbelanjaan modern.

Berstatus Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Sarinah tidak hanya hadir sebagai pusat perbelanjaan. Saat ini, Sarinah lebih terkenal dengan menjual produk-produk lokal dari seluruh Indonesia.

Selain itu ia juga berperan sebagai pusat perdagangan nasional bagi barang-barang kerajinan tangan Indonesia serta produk-produk khas tanah air.

Direktur Utama PT Sarinah (Persero) GNP Sugiarta Yasa menjelaskan, selain befungsi sebagai pusat pebelanjaan, Sarinah juga menyediakan informasi seputar pariwisata.

Di Sarinah tersedia Tourism Information Center yang dapat dimanfaatkan wisatawan yang datang mengetahui berbagai tujuan dan jenis pariwisata yang ada di Indonesia.

Khusus menghadapi perhelatan Asian Games yang akan berlangsung mulai 18-8-2018 mendatang, Sarinah juga akan ‘sibuk’ menyambut para tamu dari berbagai negara Asia.
Bahkanm, kata Yasa, Sarinah telah digandeng Kementerian Pariwisata, menjadi official partner Asian Games untuk penyediaan souvenir serta berbagai produk dari daerah wisata di Indonesia.

"Minimal di sini tersedia informasi dan produk yang vberasal dari 10 daerah wisata utama. Selain itu juga kami akan menjual merchandise Asian Games," kata Sugiarta.
di sela-sela Gelar Srikandi BUMN Peduli, Jumat (15/12).

Bahkan, sambungnya, sebelum Asian Games berlangsung, akan ada pusat jajanan nusantara. "Insya Allah bulan Juni sudah ada displaynya,” ujarnya.

Penulis: Lilis Setyaningsih
Editor: YB Willy Pramudya
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help