Gempa Bumi Terkini

Tiga Kali Gempa Susulan Landa Tasikmalaya, Warga Diimbau Tetap Tenang

Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG melaporkan, tiga kali gempa susulan melanda Tasikmalaya pada Sabtu dini hari.

WARTA KOTA, PALMERAH -- Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, tiga kali gempa susulan melanda Tasikmalaya pada Sabtu dini hari, menyusul gempa berkekuatan 6,9 Skala Richter (sr) yang terjadi pada Jumat (15/12) malam.

Data BMKG menyebutkan, gempa susulan pertama terjadi pada pukul 00.10.25 WIB dengan kekuatan 3,3 SR pada kedalaman 60 km di 48 km barat daya Tasikmalaya.

Kemudian gempa susulan kedua terjadi pada pukul 00.18.03 WIB dengan kekuatan 3,7 SR pada kedalaman 68 km di 50 km barat daya Tasikmalaya.

Sedang gempa susulan ketiga berkekuatan 3,1 SR terjadi pukul 00.37.36 WIB pada kedalaman 72 km di 48 km barat daya Tasikmalaya.

"Kepada masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Tasikmalaya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Mochamad Riyadi, dalam keterangan pers yang dikeluarkan di Jakarta, Sabtu dini hari.

Gempa bumi tersebut, lanjut Riyadi, termasuk dalam klasifikasi gempa bumi berkedalaman menengah akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempang Eurasia.

Peta tingkat guncangan BMKG menunjukkan dampak guncangan dirasakan di daerah Jakarta II-III Skala Mercalli (MMI), Bandung III-IV MMI, Depok II-III MMI, Karangkates III-IV MMI, Ngawi II MMI, Madiun II MMI, Nganjuk II MMI, Bandung II MMI, Mataram II MMI, Kebumen III-IV dan Yogyakarta III MMI.

BMKG hingga saat ini masih belum mencabut peringatan dini potensi tsunami yang diaktifkan untuk bagian selatan Jawa Barat, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Sebelumnya BMKG telah menginformasikan kemungkinan adanya gempa susulan, meskipun dengan intensitas dan magnitude yang kecil.

"Sementara ini, potensi gempa susulan ada namun intensitas dan magnitude kecil, masyarakat tidak perlu khawatir," kata Kepala Stasiun BMKG Banjarnegara, Setyoajie Prayoedhie, Sabtu.

Editor: YB Willy Pramudya
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help