Gempa Bumi Terkini

Breaking News: Pusat Gempa di Sukabumi dan Tasikmalaya Berpotensi Tsunami

Gempa kali ini berpotensi tsunami, dengan kekuatan gempa 6.9 skala richter.

Breaking News: Pusat Gempa di Sukabumi dan Tasikmalaya Berpotensi Tsunami
Antaranews.com
Arsip Foto Gempa Meksiko -- Gempa besar paling dahsyat dalam kurun 85 tahun mengguncang Meksiko dan menewaskan puluhan orang dan meluluhlantakkan gedung-gedungnya pada 8 September 2017. Gempa bumi besar kembali mengguncang Meksiko tengah, Selasa (19/9/2017), menewaskan setidaknya 119 orang di sejumlah negara bagian dan meruntuhkan bangunan-bangunan di Mexico City. (Reuters) 

WARTA KOTA, PALMERAH-Gempa bumi tektonik bukan hanya mengguncang Sukabumi, Jumat (15/12).

Gempa bumi juga menyasar Barat daya Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, sekitar pukul 23:47:58 WIB. Berbeda dari gempa di Sukabumi, gempa kali ini berpotensi tsunami, dengan kekuatan gempa 6.9 skala richter.

"Potensi tsunami di Ciamis dan Tasikmalaya, dengan ketinggian 0,5 meter hingga 3 meter," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.

Sebelumnya, sekitar pukul 23:04:39 WIB, gempa melanda Sukabumi dan sekitar. Berkekuatan 4,5 skala richter dengan episenter terletak pada koordinat 7.29 LS dan 106.69 BT, gempa terjadi di kedalaman 50 km.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan, Joko Siswanto melalui keterangan tertulis menyebut gempa ini dirasakan di wilayah Sukabumi dan sekitarnya.

"Berdasarkan laporan masyarakat gempa bumi dirasakan di daerah Jampang dan Surade I SIG-BMKG (I-II MMI)," ujar Joko.

Ia mengemukakan, hingga saat ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa di Sukabumi. Ia menengarai gempa dengan kedalama hiposenter 50 km merupakan gempa kedalaman dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempeng Eurasia.

Editor: Achmad Subechi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved