Kandidat Kuat KSAU Bicara Soal Perjuangan Masa Kecilnya

Berkarier sebagai perwira tinggi di angkatan udara dia ingin bekerja secara maksimal dan profesional.

Kandidat Kuat KSAU Bicara Soal Perjuangan Masa Kecilnya
Kompas.com
Ilustrasi pelantikan KSAU sebagai Panglima TNI. 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Wakil Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Madya Yuyu Sutisna mengungkapkan bahwa di dalam berkarier sebagai perwira tinggi di angkatan udara dia ingin bekerja secara maksimal dan profesional, apapun jabatan yang dipercayakan kepadanya.

"Saya tidak mempunyai kekuatan lain selain profesionalisme sebagai militer. Apabila dipercaya untuk menduduki sebuah jabatan tentu saya akan berkerja sekuat tenaga untuk memajukan institusi angkatan udara menjadi angkatan udara yang profesional dan modern. Namun dengan jabatan yang sekarang dipercayakan kepada saya sebagai Wakasau saya tetap profesional mengabdi kepada TNI," kata Yuyu melalui pesan tertulisnya, Kamis (14/12/2017).

Menurutnya, apabila bekerja di luar jalur profesionalisme sebagai militer, maka akan banyak masalah yang timbul. Yuyu meneladani dengan apa yang telah dilakukan oleh Presiden Jokowi dan juga Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang bekerja maksimal secara profesional dan penuh dengan inovasi.

"Menurut perspektif saya, pola kerja Presiden Jokowi sudah sangat tepat karena bekerja secara profesional, bekerja dengan pendirian beliau bukan dengan usulan atau intervensi orang lain, sehingga pekerjaan diseluruh Indonesia semua berhasil dan memuaskan bagi masyarakat kita," jelasnya.

Yuyu Sutisna sejak tamat AAU pada tahun 1986 dilantik dengan pangkat Letnan dua hingga sekarang memiliki pangkat bintang tiga. Dalam perjalanan kariernya, sudah banyak jabatan kemiliteran di matra udara pernah dijabatnya. Ia bahkan pernah menjabat sebagai panglima sebanyak tiga kali yaitu sebagai Pangkosekhanudnas 3, Pangkoopsau 1 dan Pangkohudnas.

"Jabatan saya cukup lengkap, dari bawah sejak letnan dua perwira penerbang, jadi kasi di Skadron pernah, Komandan Flight 3 kali, Kepala Seksi di Lanud, Komandan Skadron, Paban Madya di Kotama, Asisten Operasi Kohanudnas, Pangkosekhanudnas, Komandan Lanud, Kepala Staf Kotama, Waasops Kasau, Panglima Kotama sampai Wakil Kepala Staf Angkatan udara saya dapat," ujar Marsdya Yuyu.

"Di jajaran Kotama baik Koopsau 1 wialayah barat maupun Koopsau 2 wilayah timur dan Komando yang bersifat Nasional yaitu Kohanudnas, saya pernah berdinas. Di Koopsau 1 sampai jadi panglima selama setahun lebih, di Koopsau 2 saya jadi Kepala Staf, dan di Kohanudnas pun saya jadi panglimanya. Jabatan saya paling banyak di jalur operasi," sebut Wakasau.

Marsekal Madya Yuyu Sutisna memilili rating Pesawat F5, FMK53, Cesna, Bravo Charlie, dengan total jam terbang 4250 jam dan pada tahun 2001 yang lalu, Yuyu “Lion” Sutisna meraih Badge 2000 jam terbang dengan Pesawat F-5 Tiger II

"Alhamdulilah saya sudah menduduki semua jabatan di angkatan udara, bahkan atase pertahanan saya juga pernah pada tahun 2006 dan 2009 di Kantor Athan KBRI Washington, DC Amerika Serikat," katanya.

Yuyu Sutisna pada masa kecilnya di desa terpencil Cicalengka telah mengalami pahit getirnya hidup.

Sebelumnya, ia pernah tinggal di Bandung bersama kedua orang tuanya sebelum tempat tinggalnya digusur lalu menetap di Cicalengka.

Saat duduk di bangku sekolah, ia bertugas memikul air membantu orangtuanya dari lereng bukit ke rumahnya.

"Ketika saya mendaftar di AAU saya tidak pernah diajari apa itu push up, scott jump dll, saya meniru saja apa yang dilakukan oleh teman-teman saya ketika latihan. Memang sejak kecil saya belum tahu apa-apa tentang olahraga. Maklum, sekolah di desa kecil," kenangnya.

Marsekal Madya Yuyu Sutisna beberapa waktu yang lalu telah memperoleh bintang tiga.

Mengingat jabatan Kepala Staf Angkatan Udara yang kini kosong karena ditinggal olel Marsekal Hadi Tjahjanto menjadi Panglima TNI, kini, ia digadang-gadang menjadi kandidat Panglima Angkatan Udara Indonesia.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved