AirNav Klaim Slot Penerbangan Dilakukan Transparan Terkait Hari Libur Natal dan Tahun Baru

AirNav Indonesia menyatakan pengelolaan waktu terbang dilakukan secara online melalui sistem aplikasi Chronos secara transparan.

WARTA KOTA, TANGERANG -- Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau dikenal dengan nama AirNav Indonesia menyatakan, pengelolaan waktu terbang (slot time) dilakukan secara online melalui sistem aplikasi Chronos dengan mengedepankan transparansi.

Hal tersebut dilakukan terkait jelang perayaan Natal dan Tahun Baru yang pelayanan penerbangannya mengalami pelonjakan signifikan.

Pasalnya saat menjelang perayaan Idul Fitri kemarin terjadi gejolak terkait slot penerbangan di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Landasan pacu pesawat atau runway menjadi padat sehingga terjadi keterlambatan penerbangan yang dapat membahayakan keselamatan penumpang.

Sistem yang disebut sistem chronos ini merupakan aplikasi real slot yang dibuat AirNav Indonesia dan telah terkoneksi dengan sistem Flight Approval (ijin rute) milik Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.

“Sistem Chronos sudah kami luncurkan sejak 2015 dan seluruh maskapai memiliki akses langsung untuk mengajukan slot, merubah slot hingga membatalkan slot. Dan ini semua online, real time serta transparan," ujar Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia Didiet K. S. Radityo kepada Warta Kota.

Didiet, demikian panggilan akrab Radityo,, menambahkan, setiap maskapai secara bersamaan bisa melihat dan mengakses pada tampilan yang sama sehingga setiap upaya kecurangan, jika ada, akan terlihat oleh lainnya.

"Ini merupakan komitmen AirNav untuk transparan dalam pengaturan Slot dan meningkatkan layanan kepada seluruh pengguna jasa,” ujar Didiet di Tangerang, Jumat (15/12/2017).

Ia juga menjelaskan, pengelolaan slot time sesuai dengan KP 112 tahun 2017 tentang Tata Cara Pengelolaan Alokasi Ketersediaan Waktu Terbang Bandara.

Untuk penerbangan reguler, samvbungnya, maskapai telah mendapatkan izin terbang dan slot dari Direktorat Angkutan Udara berdasarkan periode terbang, baik winter maupun summer.

Namun, jadwal penerbangan tidak selalu tepat waktu dikarenakan berbagai macam faktor, seperti kendala cuaca, alasan operasional hingga force majure. Ini membuat maskapai harus melakukan penyesuaian slot.

"Di sinilah maskapai menggunakan Chronos untuk melihat di jam manakah mereka bisa masuk. Maskapai akan mengecek bandara asal dan bandara tujuan, apakah kapasitasnya masih tersedia. Dan semua ini online serta real time, jadi sangat transparan,” ucapnya.

Halaman
123
Penulis: Andika Panduwinata
Editor: YB Willy Pramudya
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved