Harbolnas

Antisipasi Pelapak Curang, Bukalapak Sudah Siapkan Strategi

Bukalapak menjelaskan berbagai macam promosi yang akan dihadirkan dalam Harbolnas 2017.

Antisipasi Pelapak Curang, Bukalapak Sudah Siapkan Strategi
m14/Yosia Margaretta
BUKALAPAK menggelar jumpa pers menjelang Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2017 di Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (6/12/2017). 

WARTA KOTA, KEMANG -- Masyarakat akan menyambut Harbolnas 2017 yang juga akan diikuti oleh berbagai tempat jual beli daring, salah satunya adalah Bukalapak.

Dalam konferensi pers Bukalapak yang dilaksanakan di Plaza City View, Kemang, Jakarta Selatan, Bukalapak menjelaskan berbagai macam promosi yang akan dihadirkan dalam Harbolnas 2017.

Salah satu yang akan dilakukan Bukalapak adalah mengantisipasi kecurangan yang dilakukan oleh pelapak atau penjual di buka lapak.

Baca: 11 Desember Mulai Harbolnas, Ini Ragam Promo dari Bukalapak

Seperti halnya pengalaman Bukalapak di Harbolnas tahun sebelumnya ada beberapa kecurangan di lakukan penjual dengan melambungkan harga dengan tinggi, baru setelah itu mereka memberikan diskon besar-besaran.

"Memang ada di tahun 2015 ada satu dua pelapak yang naikin harganya tinggi trus baru dipotong harganya gede-gedean," ujar Co-Founder dan Chief Financial Officer Bukalapak, Fajrin Rasyid.

Terdapat dua strategi yang akan dilakukan Bukalapak dalam mengantisipasi pelapak yang curang.

Strategi yang pertama adalah dengan mesin pencarian otomatis yang sudah dirancang Bukalapak untuk membandingkan secara langsung barang yang sama dengan harga yang ada di pasaran.

Namun Fajrin mengaku hal tersebut tidak sepenuhnya sempurna dapat membasmi pelapak yang curang.

Oleh karena itu Bukalapak melakukan alternatif yang kedua yakni mereka menyiapkan tim yang akan melakukan pengecekan secara manual terhadap harga-harga.

"Sistem kita sudah dijalankan beberapa tahun ini. Bisa mendeteksi dari segi harga. Ketika ada yang naik harga tinggi trus di diskon gede-gedean, langsung ada sistem pemberitahuannya," ujar Fahrin.

Pelapak yang melakukan kecurangan pun akan menerima sanksi mulai dari perigatan hingga pembekuan sehingga tidak bisa berjual sementara, tergantung dari tingkat kesalahan. (m-14)

Penulis: Yosia Margaretta
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help