Home »

News

» Jakarta

Wilayah Jakarta Baru 60 Persen Terlayani Air Bersih

Pasokan air minum untuk wilayah ibukota baru mencapai 60 persen dengan jaringan pipa air yang telah dilengkapi sebanyak 73 persen.

Wilayah Jakarta Baru 60 Persen Terlayani Air Bersih
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Jumpa pers Musyawarah Antar Perusahaan Air Minum yang digelar Perpamsi di Jakarta. 

WARTA KOTA, PADEMANGAN-Banyaknya penduduk DKI Jakarta berbanding lurus dengan kebutuhan akan air bersih.

Hanya saja pasokan air minum untuk wilayah ibukota baru mencapai 60 persen dengan jaringan pipa air yang telah dilengkapi sebanyak 73 persen.

Ketua Umum Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi), Erlangga Hidayat mengatakan pasokan ketersediaan baku air di Jakarta saat ini masih tergolong kurang.

Pasalnya setiap hari Jakarta masih kekurangan pasokan baku air sekitar 300 ribu meter kubik.

"Ini yang masih kita dorong untuk pelayanan menyeluruh. Sehingga sesuai dengan tagline kami, yakni pemenuhan hak rakyat atas air," kata Erlangga, usai Musyawarah Antar Perusahaan Air Minum (MAPAMNAS) XIII, di Hotel Mercure Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Jumat (8/12/2017).

Erlangga mengatakan daerah yang masih kesulitan untuk penyediaan air minum berada pada sejumlah wilayah pinggiran ibukota meliputi perbatasan Tangerang, Banten seperti Cengkareng, Kamal muara, Kalideres, serta wilayah perbatasan Bekasi, Jawa Barat.

Menurut Erlangga ada sejumlah faktor pendukung mengapa penetrasi air bersih belum menyentuh seluruh elemen masyarakat ibukota.

Hal ini terkait dengan karakter warga dan ketersediaan pasokan baku air

"Tak hanya faktor penyediaan, tapi juga ada sebagian warga yang masih enggan wilayahnya memiliki aliran pipa air minum. Salah satu faktor kelemahan kami juga adalah sumber air lebih banyak berada pada daerah kabupaten, sementara pengguna air justru banyak di perkotaan," tutupnya.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help