WartaKota/

Green Hospital dan Medical Tourism jadi Unggulan Pangkal Pinang

Diharapkan ke depannya, Pangkal Pinang selayaknya Pineng, Malaysia, yang terkenal dengan medical tourism-nya.

Green Hospital dan Medical Tourism jadi Unggulan Pangkal Pinang
Istimewa
Wali Kota Pangkal Pinang Muhammad Irwansyah dengan tiga penghargaan yang diterimanya di ajang 'Wali Kota Entrepreneur Award dan Bupati Entrepreneur Award 2017' di Hotel Ritz Carlton, Rabu (6/12/20917). 

WARTA KOTA, PALMERAH --- Ajang bergengsi Wali Kota Entrepreneur Award dan Bupati Entrepreneur Award 2017 yang digelar Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) dan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) bersama Kellog Innovation Network (KIN) ASEAN mengunggulkan Kota Pangkal Pinang.

Kota berkembang di provinsi Sumatera Utara itu menyabet tiga kategori sekaligus karena mengadopsi konsep green hospital dan medical tourism.

Wali Kota Pangkal Pinang Muhammad Irwansyah menyampaikan rasa syukurnya karena terpilih dan mendapatkan penghargaan, terlebih penilaian diberikan atas pembangunan rumah sakit berkonsep ramah lingkungan atau green hospital yang kini telah selesai pembangunannya. Rumah sakit ramah lingkungan pertama di Indonesia itu dinilai para juri yang terdiri dari Ditjen Otonomi Daerah dan KIN ASEAN itu memenuhi aspek kesehatan dan pendidikan.

Wali Kota Pangkal Pinang Muhammad Irwansyah di Hotel Ritz Carlton, Rabu (6/12/20917).
Wali Kota Pangkal Pinang Muhammad Irwansyah di Hotel Ritz Carlton, Rabu (6/12/20917). (Istimewa)

"Alhamdulillah, malam ini Pangkal Pinang dapat penghargaan tiga kategori dari pendidikan, kesehatan, dan pariwisata. Dari sisi kesehatan, sejak saya dilantik 14 November 2013, kami membangun suatu konsep green hospital pertama di Indonesia. Alhamdulillah, pada tanggal 5 Desember 2017 ini pembangunan rumah sakit green hospital pertama senilai Rp 200 miliar sudah selesai dibangun," ungkapnya usai menerima penghargaan yang digelar di Hotel Ritz-Carlton Jakarta, SCBD, Jakarta Selatan pada Rabu (6/12/2017).

Selain itu, diakuinya jika pihaknya kini terus berkonsentrasi dalam pengembangan medical tourism, bersamaan dengan ditetapkannya Provinsi Bangka Belitung dalam sepuluh destinasi wisata oleh Presiden Joko Widodo bebberpa waktu lalu. sehingga diharapkan ke depannya, Pangkal Pinang selayaknya Pineng, Malaysia yang terkenal dengan medical tourism.

"Tentunya dengan koneksi dengan smart city kami akan konsen melakukan teknologi yang berhubungan dengan kesehatan, baik dari sisi administrasinya, pelayanannya dan lain-lain. Kami terus berbenah pada tahun ini (2017), kami akan bekerja sama dengan beberapa perusahaan multinasional yang sedang kami bidik. Mudah-mudahan medical tourism pertama di Indonesia ini akan semakin baik," ungkap pria yang dikabarkan akan mencalonkan diri sebagai Gubernur Sumatera selatan dalam Pilkada Serentak tahun 2018 mendatang itu.

Internasional

Sementara itu, dalam segi pariwisata, pihaknya telah menjadi tuan rumah dalam ajang kejuaraan motocross internasional bernama MX JP internasional sejak awal tahun 2017. Tercatat ada sebanyak 18 negara yang ikut serta dalam event yang digelar setiap tahunnya itu.

"Dan alhamdulillah di kawasan Asia untuk tahun 2017 ini hanya Kota Pangkal Pinang yang jadi tuan rumah dan tahun 2018 MX JP itu akan dilaksanakan pada tanggal 30 juni dan 1 juli dan kami estimasikan wisatawan yang akan datang, baik dari crosser dalam maupun luar negeri mencapai lebih dari lima ribu orang, tidak termasuk wisatawan," imbuhnya menutup sesi wawancara.

Baca: Belasan Kota-Kabupaten Dapat Penghargaan, Jakarta Tidak Masuk Nominasi

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) dan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) bersama Kellog Innovation Network (KIN) ASEAN memberikan penghargaan kepada Walikota dan Bupati berprestasi di Nusantara di Hotel Ritz Carlton, Rabu (6/12/20917)
Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) dan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) bersama Kellog Innovation Network (KIN) ASEAN memberikan penghargaan kepada Walikota dan Bupati berprestasi di Nusantara di Hotel Ritz Carlton, Rabu (6/12/20917) (Istimewa)
Halaman
12
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help