WartaKota/
Home »

News

» Jakarta

Warga Jati Bunder Bantah Buang Sampah ke Kali

Kondisi Kali Jati Bunder di Jalan Lontar Raya, Tanah Abang, Jakarta Pusat, memprihatinkan.

Warga Jati Bunder Bantah Buang Sampah ke Kali
WARTA KOTA/RANGGA BASKORO
Kali Jati Bunder di Jalan Lontar Raya, Tanah Abang, Jakarta Pusat. 

WARTA KOTA, TANAH ABANG - Kondisi Kali Jati Bunder di Jalan Lontar Raya, Tanah Abang, Jakarta Pusat, memprihatinkan. Petugas kebersihan mengaku bahwa kali kembali kotor dalam hitungan jam setelah dibersihkan.

Saat ditanyakan, tak ada satu pun warga yang tinggal di bantaran kali yang mengaku suka membuang sampah sembarangan.

Mereka menyatakan selalu menggunakan plastik besar dan karung yang disediakan tim pembersih dari UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup, Jakarta Pusat, untuk membuang sampah-sampah.

Baca: Pembalut Wanita dan Popok Bayi, Sampah Wajib yang Ada di Kali Jati Bunder

"Enggak ada saya pernah buang sampah ke pinggir kali. Itu lihat saja, penuh (sampah-sampah) karungnya," ujar Listi (48) di lokasi, Selasa (5/12/2017).

Hal serupa dikatakan oleh Maryana (55). Ia ditemui saat sedang mencuci piring di pinggir kali, meski Warta Kota melihatnya sedang membuang sisa-sisa makanan ke dalam kali, Maryana menyangkal hal tersebut.

"Enggak kok, ini dikumpulin dulu lah, enggak langsung buang ke kali," kata Maryana sambil menjawab dengan nada meninggi.

Baca: Parah! Warga Kencing di Botol Lalu Dibuang ke Kali Jati Bunder

Sebelumnya, Munzir, Kepala Regu UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Pusat mengatakan, Kali Jati Bunder kerap kembali kotor dalam hitungan jam setelah dibersihkan di pagi hari.

"Ini sudah kita kerjain, sudah bersih. Besok pagi jam 8 sudah kotor lagi. Kita jalan sedikit saja, nanti ada lagi sampah baru. Begitu saja setiap hari. Mungkin kalau sudah digusur baru ada perubahan," tutur Munzir. (*)

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help