Pilpres 2019

Pengamat : Bisa Saja Lembaga Survei Menggiring Opini Publik Pada Balon Capres Cawapres

Akhir-akhir ini beberapa lembaga survei merilis hasil survei mereka tentang elektabilitas bakal calon (balon) capres dan cawapres untuk pemilu 2019.

Pengamat : Bisa Saja Lembaga Survei Menggiring Opini Publik Pada Balon Capres Cawapres
Warta Kota/Hamdi Putra
Emrus Sihombing 

WARTA KOTA, JAKARTA - Akhir-akhir ini beberapa lembaga survei merilis hasil survei mereka tentang elektabilitas bakal calon (balon) capres dan cawapres untuk pemilu 2019.

Di antaranya Indo Barometer, Pol Tracking, PolMark dan Orkestra.

Mayoritas hasil survei menempatkan elektabilitas Jokowi dan Prabowo pada urutan pertama dan kedua, baru kemudian diikuti oleh tokoh-tokoh lainnya seperti Anies Baswedan, AHY dan Gatot Nurmantyo.

Hal yang menarik dari hasil survei para lembaga survei tersebut adalah margin tingkat elektabilitas Jokowi dan Prabowo yang cukup lebar berada pada kisaran 10 sampai 20 persen.

Hanya hasil survei Orkestra yang menempatkan kedua tokoh tersebut pada angka yang cukup seimbang dengan error 3 persen.

Orkestra menempatkan Jokowi pada posisi pertama dengan tingkat elektabilitas 24,38 persen dan Prabowo 21,8 persen, diikuti Gatot Nurmantyo 2,8 persen dan AHY 2,3 persen.

Pada oktober lalu, Media Survey Nasional dan PolMark merilis hasil survei mereka.

Media Survey Nasional menempatkan Jokowi pada tingkat elektabilitas mencapai 36,2 persen dan Prabowo 23,2 persen, lalu diikuti oleh SBY 8,4 persen dan Anies Baswedan 4,4 persen.

Sedangkan PolMark juga menempatkan Jokowi pada tingkat elektabilitas pertama yakni mencapai 41, 2 persen dan Prabowo 21 persen, diikuti AHY 2,9 persen dan Anies Baswedan 2,2 persen.

Tidak jauh berbeda dengan hasil yang diperoleh Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) yang mana Jokowi tetap berada pada urutan pertama dengan tingkat elektabilitas 38,9 persen dan Prabowo yang berada pada urutan kedua hanya memperoleh tingkat elektabilitas sebesar 12,0 persen, diikuti oleh SBY 1,6 persen dan Anies Baswedan 0,9 persen.

Halaman
123
Penulis: Hamdi Putra
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved