Pemasangan Box Ducting di Jalan Lodan Raya sudah Mencapai 90 Persen

Penggantian penutup box ducting dengan memakai beton yang dilapisi frame siku dilakukan agar lebih kokoh dan tidak mudah pecah.

Pemasangan Box Ducting di Jalan Lodan Raya sudah Mencapai 90 Persen
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Setiap hari, di Jalan Lodan Raya dilintasi kendaraan dengan tonase yang sangat berat seperti truk kontainer dan trailer sehingga harus kuat menahan beban. 

WARTA KOTA, PADEMANGAN -- Pemasangan box ducting di Jalan Lodan Raya, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, telah mencapai 90 persen.

Sebanyak 32 lubang box ducting telah ditutup untuk selanjutnya menunggu penutup box yang dilengkapi frame siku besi agar kuat menahan beban.

Kepala Seksi Kelengkapan Prasarana Jalan dan Jaringan Utilitas Suku Dinas Bina Marga Jakarta Utara, Libertus Sagala mengatakan 32 lubang box ducting yang ada di Jalan Lodan Raya sepanjang 800 meter sudah terpasang.

Hanya saja, penutup yang digunakan sekarang ini masih bersifat sementara karena menggunakan lempengan beton biasa. Rencananya penutup box ducting yang akan digunakan nanti dilengkapi frame besi siku.

"Box ducting di Jalan Lodan Raya sudah terpasang. Hanya saja penutupnya masih sementara dan rencananya kita akan ganti dengan beton yang dilapisi frame besi siku," kata Libertus, Selasa (5/12/2017).

Setiap hari, di Jalan Lodan Raya dilintasi kendaraan dengan tonase yang sangat berat seperti truk kontainer dan trailer, sehingga harus kuat menahan beban.
Setiap hari, di Jalan Lodan Raya dilintasi kendaraan dengan tonase yang sangat berat seperti truk kontainer dan trailer, sehingga harus kuat menahan beban. (Kompas.com)

Libertus mengatakan, penggantian penutup box ducting dengan memakai beton yang dilapisi frame siku dilakukan agar lebih kokoh dan tidak mudah pecah, saat menahan beban.

Pasalnya, setiap hari, di Jalan Lodan Raya dilintasi kendaraan dengan tonase yang sangat berat seperti truk kontainer dan trailer sehingga harus kuat menahan beban.

"Jadi ketika dilintasi kendaraan berat seperti truk trailer atau kontainer, penutupnya tidak gampang rusak. Sekarang ini pihak kontraktor sedang menunggu kiriman barang pabrikasi dari supplier. Mungkin tanggal 15 (Desember) besok sudah bisa selesai," kata Libertus.

Sementara itu salah seorang warga, Nusron (47) mengaku, dia senang dengan pekerjaan box ducting di Jalan Lodan Raya yang sudah hampir rampung. Pasalnya selama pengerjaan tersebut mengakibatkan kemacetan parah dan beberapa pengendara motor mengalami kecelakaan.

"Ya bagus lah kalau udah mau selesai, sekarang kalau mau lewat sini sudah bisa tenang, nggak ada lagi lobang yang bisa membahayakan pengendara. Tapi saya berharap pengerjaan ini bisa cepat selesai dalam waktu dekat," ujarnya.

Box ducting di Jalan Lodan Raya dipasang dengan jarak masing-masing 25 meter. Setiap box ducting memiliki panjang 1,8 meter dan lebar 1,2 meter dengan kedalaman 2,3-2,5 meter.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved