Ketika Presiden Jokowi Berpantun dalam Bahasa Sunda

"Ka Soreang ngagaleuh laja, uihna ka Pasirkoja. Geuning ayeuna aya Tol Soroja, dina rasa anu bahagia," ucap Jokowi.

Ketika Presiden Jokowi Berpantun dalam Bahasa Sunda
Antaranews.com
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat, Gubernur Jawa Barat Ahmat Heryawan memecet bel tanda peresmian Tol Soroja, Senin,(4/12/2017). (ANTARA/Joko Susilo) 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Ada hal yang sedikit berbeda ketika Presiden Joko Widodo meresmikan Tol Soreang-Pasir Koja (Tol Soroja) di Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (12/4/2017) .

Presiden Jokowi, demikian dia disapa, datang ke lokasi peresmian pada sekitar pukul 13.00 WIB setelah pagi harinya membagikan sertifikat tanah di Balerame Sabilulungan, Soreang, Kabupaten Bandung.

Dalam sambutannya, Presiden berharap agar jalan tol Soraja dapat menjadikan kawasan Bandung Selatan berkembang pesat.  Apalagi, Bandung Selatan mengandung banyak potensi, mulai dari kawasan hunian hingga tempat wisata.

"Bandung Selatan punya potensi besar. Ada hunian, industri, wisata, sarana olahraga terbesar dan pusat pemerintahan," katanya.

Presiden meminta agar masyarakat Bandung Selatan, terutama yang tinggal di Kabupaten Bandung, bersiap untuk menghadapi percepatan pembangunan di berbagai bidang.

Untuk memberikan semangat kepada warga Bandung Selatan, Jokowi juga sempat mengutip larik yang ada pada lagu Bandung Selatan ciptaan Ismail Marzuki. “Bandung Selatan, dilupakan jangan. Itu lagu Ismail Marzuki,” tutur Presiden.

Kemudian saat mengakhiri  sambutannya,  Kepala Negara sempat berpantun dalam bahasa Sunda tentang Tol Soroja yang baru saja diresmikannya. "Ka Soreang ngagaleuh laja, uihna ka Pasirkoja. Geuning ayeuna aya Tol Soroja, dina rasa anu bahagia," ucap Jokowi.

Terjemahan bebasnya: "Ke Soreang membeli laja (lengkuas), pulangnya ke Pasirkoja. Ternyata kini ada tol Soroja. Rasa-rasanya jadi bahagia."

Sebelumnya Presiden sempat mengungkapkan, dengan dibukanya Tol Soroja sepanjang 10 km itu, akses menuju Soreang yang biasanya harus ditempuh dalam waktu 1,5 jam kini dapat dipangkas menjadi 12 menit.

Selain itu Presiden berharap dengan adanya Tol Soroja ini, Bandung Selatan, terutama Kabupaten Bandung, bersiap mengalami percepatan berbagai bidang.

Halaman
12
Editor: YB Willy Pramudya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved