WartaKota/
Home »

News

» Jakarta

AwanTunai Tawarkan Solusi Pinjaman

Era digital menawarkan segala kemudahan dan kecepatan, termasuk kemudahan untuk meminjam.

AwanTunai Tawarkan Solusi Pinjaman
Warta Kota/Lilis Setyaningsih
Founder sekaligus Chief Executive Officer AwanTunai Dino Setiawan saat konferensi pers tentang AwanTunai Hadir Dukung Kemandirian Finansial Bagi Sektor Unbanked dan Underbanked Indonesia di Conclave co Working, Rabu (29/11). 

WARTA KOTA, KEBAYORAN BARU -- Era digital menawarkan segala kemudahan dan kecepatan, termasuk kemudahan untuk meminjam.

Pengajuan pinjaman dapat dilakukan lewat aplikasi yang diunduh melalui ponsel.

Kemudahan lain, calon debitur hanya diminta menyertakan identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Selanjutnya calon debitur akan mengetahui status persetujuan dalam waktu 15 menit.

Founder sekaligus Chief Executive Officer AwanTunai Dino Setiawan mengatakan, aplikasi bisa memudahkan calon debitur terutama orang yang memiliki sejumlah keterbatasan untuk mengakses institusi keuangan formal.

Terlebih, masih banyak masyarakat Indonesia usia dewasa tidak memiliki akses keuangan formal atau dikategorikan unbanked.

Berdasarkan data World Bank, sekitar 88 persen masyarakat Indonesia unbanked. Hanya 12 persen masyarakat dengan akses keuangan yang memiliki pinjaman formal.

Dino mengatakan, kesulitan meminjam ke bank membuat banyak masyarakat beralih ke renternir. Padahal renternir memberikan bunga tinggi.

"Para pedagang pasar basah, jam 4 subuh pinjam uang ke renternir Rp 1 juta. Nanti sore dibayar harus mengembalikan Rp 1.050.000. Kesanya hanya tambah Rp 50.000 padahal bila dihitung-hitung bunganya mencapai 5 persen padahal tidak sampai sehari," kata Dino saat konferensi pers tentang AwanTunai Hadir Dukung Kemandirian Finansial Bagi Sektor Unbanked dan Underbanked Indonesia di Conclave co Working, Rabu (29/11).

Selain kurangnya edukasi, masyarakat yang tidak memiliki akses keuangan ke perbankan biasanya karena data, penghasilan yang tidak menentu. "Mereka tidak bisa mengakses bank padahal orang baik," ujar Dino.

Halaman
123
Penulis: Lilis Setyaningsih
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help