WartaKota/

Sail Sabang 2017 Digelar, Aceh Minta Dukungan untuk Wujudkan Poros Maritim Dunia

Sabang pada tahun 2020 direncanakan menjadi kota tuna dunia di kawasan Samudera Hindia, menuju role model poros maritim dunia.

Sail Sabang 2017 Digelar, Aceh Minta Dukungan untuk Wujudkan Poros Maritim Dunia
Kompas.com/Adityo Prodjo
KAPAL layar latih KRI Bima Suci milik TNI AL bersandar di Teluk Sabang, Pelabuhan CT-3 Pasiran, Kota Timur, Sabang, Aceh, Jumat (1/12/2017). Selain Bima Suci, KRI Dewa Ruci juga turut meramaikan acara Sail Sabang 2017. 

WARTA KOTA, SABANG --- Gubernur Aceh Irwandi Yusuf meminta dukungan Wakil Presiden Jusuf Kalla mewujudkan Aceh sebagai poros maritim dunia. Irwandi juga menyebut Sabang pada tahun 2020 direncanakan menjadi kota tuna dunia di kawasan Samudera Hindia.

"Dengan adanya blueprint dari Kementerian Perikanan dan Kelautan tahun 2025 dan infrastruktur yang memadai maka Aceh akan lebih maju dan sejahtera dan menjelma menjadi role model sebagai poros maritim dunia. Namun, pembangunan tidak mungkin terwujud jika tidak didukung dan komitmen penuh dari pemerintah pusat. Untuk itu, kami mengajukan beberapa permohonan kepada Wapres untuk kemajuan Aceh," kata Irwandi dalam sambutan acara Sail Sabang 2017 di Pelabuhan CT-3, Sabang, Aceh, Sabtu (2/12/2017).

Irwandi memohon Jusuf Kalla untuk mendelegasikan pengelolaan perikanan secara otonomi kepada pemerintah Aceh. Hal itu nantinya akan dilakukan dengan prinsip perikanan yang berkelanjutan.

"Memohon kepada Bapak Wapres untuk mendukung pembangunan infrastruktur di bandara, jalan, listrik, telepon, internet, dan air bersih," ujar Irwandi.

Dia juga meminta perluasan dan pengembangan Bandara Maimun Saleh menjadi bandara internasional. Pembangunan SMK, politeknik perikanan, dan pariwisata di Aceh, khususnya Kota Sabang, juga diminta Irwandi.

"Untuk menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan beretos kerja di bidang pariwisata dan perikanan. Memohon kepada Bapak Wapres untuk mendukung terlaksananya event internasional dan nasional di Aceh. Kami selaku pimpinan pemerintah Aceh dan Kota Sabang siap bekerja keras untuk memfasilitasi event-event tersebut," kata Irwandi.

Dia meminta pemerintah pusat untuk memperkenalkan dan meningkatkan investasi di Aceh. Selain itu, Jusuf Kalla diminta untuk mendukung percepatan pembangunan di wilayah Aceh.

"Mohon berkenan Bapak Wapres membuka acara sekaligus meresmikan Kota Sabang menjadi internationale marine hub (terminal marina internasional)," tambah dia.

Sail Sabang 2017 merupakan acara sail yang kesembilan digelar di Indonesia. Acara ini diselenggarakan pada 28 November-5 Desember 2017. (Wahyu Adityo Prodjo)

Artikel ini diunggah juga di Kompas.comWujudkan Poros Maritim Dunia, Gubernur Aceh Minta Dukungan Jusuf Kalla

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help