WartaKota/

Pesan Mi Aceh yang Jadi Legenda Kuliner Asal Tanah Rencong Namanya Mi Rebus atau Mi Goreng

Kalau orang Aceh, pesen langsung mi. Ada juga sekarang yang suka pesen mi pakai telur goreng.

Pesan Mi Aceh yang Jadi Legenda Kuliner Asal Tanah Rencong Namanya Mi Rebus atau Mi Goreng
Kompas.com
Ilustrasi. Sajian Mi Aceh yang menggoda. 

WARTA KOTA, PALMERAH -- "Mi Acehnya, satu ya," mungkin begitu kata pelanggan saat memesan kuliner khas Serambi Mekah yang populer dan tak boleh dilewatkan.

Mungkin, kalimat itu bisa disebutkan bila Anda memesan di warung mi aceh di Jakarta atau di luar Aceh. Namun, bagaimana bila Anda memesan di daerah asalnya?

"Kalau ada yang tanya Mi Aceh di Aceh itu pasti bukan orang Aceh, itu pasti orang luar. kalau orang Aceh pesen ya mi. Tergantung mau mi apa mi goreng, mi rebus," kata pemilik sebuah warung kopi di bilangan Kota Banda Aceh, Chek Yukee saat ditemui KompasTravel, Kamis (30/11/2017) siang.

Biasanya, pelayan warung mi atau warung kopi di Aceh akan langsung menanyakan kepada pengunjung. Yukee menyebut, pelayan akan memberi tiga pilihan mi.

"Ada mi goreng, mi goreng basah, mi rebus. Mi goreng basah agak berkuah. Itu namanya mi tumis," ujarnya.

Pengunjung, menurut Yukee, tak perlu menyebutkan "mi aceh" saat memesan di warung-warung mi atau warung kopi di Aceh. Ia menganjurkan untuk langsung memesan seperti orang lokal.

"Kalau orang Aceh, pesen langsung mi. Ada juga sekarang yang suka pesen mi pakai telur goreng," tambahnya.

Pemandu wisata dari operator perjalanan "Keliling Aceh", Hasbi Azhar mengatakan biasanya di warung-warung mi atau kopi, pelayan langsung menawarkan mi. Tak ada pelayan yang menyebut "mi aceh" ketika akan mencatat pesanan.

"Kalau ada yang bilang 'bang saya pesen mie aceh' nah ini pasti tamu. Gak bisa dibantah," ujar Hasbi kepada KompasTravel sambil tertawa.

Penamaan mi aceh untuk warung dan hidangan biasanya digunakan di luar daerah Aceh. Penambahan nama daerah biasanya dipakai sebagai penanda asal kuliner.

Mi aceh sendiri merupakan salah satu kuliner khas yang memiliki bahan dasar mi disajikan dengan taburan acar bawang, emping, potongan mentimun serta irisan jeruk nipis.

Mi ini terkadang disajikan dengan tambahan udang, cumi, ataupun daging sapi untuk menambah cita rasanya.

Mi aceh biasanya disajikan dengan tiga cara yaitu goreng, tumis, dan rebus. Perbedaan penyajian tersebut terletak pada kuahnya. (Wahyu Adityo Prodjo)

Sebelumnya, telah diunggah Kompas.com dengan tautan: Ini Cara yang Benar Memesan Mi Aceh di Aceh

Editor: Gede Moenanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help