WartaKota/

Cicipi Makanan Legenda di Jakarta Bukan Hanya Gabus Pucung yang Direkomendasikan Pak Bondan

Hidangan yang hampir punah ini diduga dari kata Babah-Enci, mengingat penampilannya mirip masakan peranakan China-Melayu.

Cicipi Makanan Legenda di Jakarta Bukan Hanya Gabus Pucung yang Direkomendasikan Pak Bondan
Kompas.com
Sayur Gabus Pucung memang sajian wajib untuk mencoba kuliner khas Betawi. 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Presenter sekaligus pemerhati kuliner Bondan Winarno wafat pada usia 67 tahun, Selasa (29/11/2017). Meski telah meninggal, Bondan menyisakan banyak karya buku kuliner dan jurnalisme.

Salah satu buku kuliner karya Bondan Winarno dan dua orang kawannya Lidia Tanod serta Harry Nazarudin adalah 100 Mak Nyus Jakarta terbitan Penerbit Buku Kompas. Buku ini lantas menyabet penghargaan "Best in the World in 2014” dan “Best of the Best in 2015 Frankfurt Book Fair”.

"Ironis! Di tengah kebangkitan kesadaran akan kuliner tradisional Indonesia yang kini sedang marak berlangsung, kuliner Betawi tetap saja mati suri dengan damai," begitu kutipan Bondan dalam buku tersebut.

Baca juga : Akulturasi Budaya Betawi pada Seporsi Kerak Telor nan Gurih

"Mana ada rumah makan atau restoran besar yang menyajikan masakan Betawi sebagai fokus sajiannya? Mana ada item masakan Betawi yang terwakili dalam menu fine dining beberapa restoran yang menyajikan masakan Indonesia?" tulis Bondan di kata pengantar 100 Mak Nyus Jakarta.

Lewat keprihatinan Bondan akan redupnya hidangan khas Betawi, juga semarak hidangan di Jakarta yang seumpama salad bowl nan ramai, Bondan menulis buku 100 Mak Nyus Jakarta.

Inilah lima rekomendasi hidangan khas Betawi yang langka dirangkum KompasTravel dari buku 100 Mak Nyus Jakarta.

1. Gabus Pucung

Ini adalah ikan gabus goreng yang disiram atau dimasak lagi dalam kuah kental kehitaman dari buah pucung. Pucung adalah istilah Betawi dari keluak atau kluwek.

Beda dengan rawon, kuah gabus pucung lebih kental dan kaya bumbu. Gabus Pucung favorit Bondan ada di Ddol Nyak Mai Jakagakarsa, Dapur Betawi di Pondok Cabe, dan RM H Nasun di Jagakarsa.

Halaman
123
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help