Stan Lee: Kisah 'Spiderman' Nyaris Tidak Dirilis

Beruntung Lee diizinkan memasukkan cerita 'Spiderman' dalam edisi terakhir sebuah buku yang kemudian menjadi hit.

Stan Lee: Kisah 'Spiderman' Nyaris Tidak Dirilis
antaranews.com
Balon berbentuk Spiderman diarak di sepanjang Central Park West saat Parade Hari Thanksgiving Macy ke-87 di New York, Amerika Serikat, Kamis (28/11/2017). (REUTERS/Gary Hershorn) 

WARTA KOTA, MATRAMAN -- Salah satu karakter buku komik paling sukses sepanjang sejarah, Spiderman, hampir tidak dirilis, kata penciptanya Stan Lee (94), di Tokyo, Jepang, Kamis.

Kepada wartawan Lee mengatakan bahwa ia menemukan ide untuk Spiderman saat melihat seekor lalat menempel di dinding lalu timbul keinginan menciptakan superhero dengan kemampuan yang sama.

"Entah bagaimana menyebut dia;  flyman tidak terdengar cukup dramatis, apalagi yang bisa dia lakukan? Mosquito man? Lalu saya berkata: Spiderman!  Kedengarannya sangat dramatis," kata Lee.

Lee kemudian membuat keputusan untuk menciptakan karakter ciptaan barunya, seorang remaja,  dan memberinya "banyak masalah pribadi."

"Dia tidak akan memiliki cukup uang; dia tinggal dengan bibinya yang sakit dan membutuhkan obat-obatan dan dia harus menjaganya. Dia juga harus melawan orang-orang jahat," katanya.

Stan Lee
Stan Lee (https://twitter.com)

Lee kemudian membawa ide itu ke penerbitnya. Lalu atasannya mengatakan: "Stan, itu ide terburuk yang pernah saya dengar!"

"Superhero harus dewasa dan tidak dapat memiliki masalah. Itulah mengapa mereka disebut superhero," kata atasannya.

Dan satu hal lagi: "Orang membenci laba-laba sehingga Anda tidak bisa memanggil seorang pahlawan,  Spiderman!'"

Beruntung Lee diizinkan memasukkan cerita Spiderman dalam edisi terakhir sebuah buku yang kemudian menjadi hit.

"Hanya untuk bersenang-senang, untuk mengeluarkannya dari pikiran saya, saya menempatkan Spiderman pada edisi terakhir lalu melupakannya," katanya.

"Sebulan kemudian, setelah semua angka penjualan masuk, atasan saya datang ke kantor saya dan berkata: 'Ingat karakter Spiderman yang sangat kita berdua sukai? Mari kita jadikan dia karakter reguler'."

"Dan begitulah kisah Spidey lahir," kata Lee sambil tepuk tangan dan tertawa, demikian AFP.

Pria bernama asli Stanley Martin Lieber, kelahiran New York, 28 Desember 1922 dikenal sebagai penulis, editor, penerbit, produser, dan aktor Amerika. Stan Lee mulai membuat komik untuk kali pertama pada 1941 tentang Captain America.

Pada 1960, Lee mendirikan Marvel Comics yang memperkenalkan penokohan lebih lengkap dalam karakter seorang pahlawan yang kuat, sehingga menarik minat orang banyak, khususnya anak-anak.

Bekerja sama dengan beberapa seniman, termasuk Jack Kirby dan Steve Ditko, ia menciptakan Spider-Man, Hulk, Doctor Strange, Fantastic Four, Iron Man, Daredevil, Thor, X-Men, dan banyak karakter fiksi lainnya, berbagi alam semesta menjadi komik superhero. Selain itu, dia menantang organisasi penyensoran industri komik, Otoritas Kode Komik, yang memaksanya mereformasi kebijakannya.

Editor: YB Willy Pramudya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help