Wisata Gua Pindul Ikut Ditutup

Tidak hanya menghanyutkan sejumlah rumah milik warga, Wisata Air Gua Pindul pun kini ditutup.

Wisata Gua Pindul Ikut Ditutup
istimewa
Gua Pindul 

WARTA KOTA, YOGYAKARTA -- Siklon Tropis Cempaka yang terjadi sejak Selasa (27/11/2017) kemarin juga membawa kabar duka bagi warga Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Tidak hanya menghanyutkan sejumlah rumah milik warga, Wisata Air Gua Pindul pun kini ditutup.

Kabar duka itu diungkapkan Zaini Yahya (27) pemuda asal Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul yang tinggal di Gongseng, Cijantung, pasara Rebo, Jakarta Timur didapatkannya dari saudaranya yang merupakan pengelola Wisata Air Gua pindul.

Hujan deras yang mengguyur wilayah Gunung kidul sejak Senin (26/11/2017) katanya membawa debit air sangat besar di aliran sungai yang berasal dari Mata Air Gedong tujuh itu.

Dalam potret yang dikirimkannya, aliran sungai bawah tanah yang semula dangkal dan tenang terlihat berubah deras, jernihnya air pun berganti dengan warna keruh kecoklatan.

Perubahan mencolok ditunjukkannya pada ketinggian air yang diperkirakannya naik lebih dari tiga meter, semula hanya sekitar satu meter kini lebih dari empat meter.

"Airnya deres, tingginya sampai ke (badan) jembatan. Kata sodara ane sekarang (Wisata Goa Pindul) ditutup, bahaya soalnya," ungkap pemuda yang akrab disapa Njen itu bercerita.

Tidak hanya Njen, derasnya aliran sungai Gua Pindukl juga terlihat dari postingan video yang diunggah oleh Rifai Saiful Huda‏ lewat akun @Rifai2911 pada Selasa (27/11/2017) kemarin.

Dalam video berdurasi 33 detik itu, air mengalir deras, mulut gua yang merupakan sisi hulu sungai bahkan hampir tertutup aliran air.

Tidak ada keterangan apapun terkait postingannya tersebut, tetapi terlihat jelas jika area mulut Gua Pindul kini ditutup.

Suasana lokasi yang semula diketahui ramai pengunjung kala musim libur itu kini terlihat sepi.

"Gua Pindul today....Gunung kidul," tulis akun bernama @dugael1 menyusul postingan Rifai Saiful

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved