Gali Potensi Lokal, Erna Rasyid Raih Penghargaan 'Fashion Award' dari KDEI

Komunitas Desainer Etnik Indonesia (KDEI) memberi apresiasi berupa 'Fashion Award', pada perancang busana Erna Rasyid dari Parepare, Sulawesi Barat.

Gali Potensi Lokal, Erna Rasyid Raih Penghargaan 'Fashion Award' dari KDEI
Warta Kota/Ign Agung Nugroho
'Indonesia Ethnic Fashion Week 2017' di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat. 

WARTA KOTA, SENAYAN-Komunitas Desainer Etnik Indonesia (KDEI) baru saja memberikan apresiasi berupa 'Fashion Award', pada perancang busana Erna Rasyid, dari Parepare, Sulawesi Barat.

"Fashion Award ini kami berikan sebagai bentuk dukungan kami pada beliau, karena selama ini telah memajukan fashion di daerahnya," kata Ketua KDEI, Raizal Boeyoeng disela-sela helatan 'Indonesia Ethnic Fashion Week 2017' di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, pekan lalu.

Alasannya, Erna selama ini menggeluti kain tradisional dalam rancangannya, karena ia terpanggil mengembangkan potensi yang ada di daerahnya.

Ia mengolahnya menjadi busana siap pakai yang modern dan bisa diterima anak muda.

"Ini yang membuat saya terjun langsung untuk menggali potensi yang ada. saya merasa punya tanggung jawab terhadap potensi lokal," kata Erna yang juga selaku Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Parepare.

Sementar itu, di panggung Indonesia Ethnic Fashion Week 2017 lalu, Erna turut mengenalkan busana hasil rancangannya.

Antara lain, busana tenun Toraja yang dirancang dengan kostum muslimah orange, merah muda, dan hitam, terlihat elegan dengan balutan aksesoris kerang yang dijahit di dada baju.

"Ini kerang hasil laut di Parepare, karena lokasinya dekat pesisir. Supaya unik. Selain menonjolkan limbah laut di Parepare, juga menonjolkan konsep Sulawesi Selatan, yaitu tenun Toraja," terangnya.

Penulis: Ign Agung Nugroho
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved