Gunung Agung Meletus

Abu Vulkanik Menyebar Hingga Banyuwangi dan Jember, Bandara Bali Ditutup Sampai Besok Pagi

Rapat evaluasi dari Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai selesai dilakukan pada Selasa (28/11/2017) sekira pukul 01.40 WITA tadi.

Abu Vulkanik Menyebar Hingga Banyuwangi dan Jember, Bandara Bali Ditutup Sampai Besok Pagi
TRIBUN BALI/I NYOMAN MAHAYASA
Kepulan asap dan abu vulkanik berwarna merah menyala menyembur dari kawah Gunung Agung, terlihat dari Desa Bunutan Dusun Gulinten, Karangasem, Bali, Senin (27/11/2017). 

WARTA KOTA, DENPASAR - Rapat evaluasi dari Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai selesai dilakukan pada Selasa (28/11/2017) sekira pukul 01.40 WITA tadi.

GM AP I Bandara I Gusti Ngurah Rai Yanus Suprayogi mengatakan, dari hasil pengamatan di bandara, sebaran debu vulkanik kini semakin melebar.

"Penutupan operasional kita perpanjang hingga keesokan hari paginya, atau sampai Rabu esok pagi, sesuai NOTAM AirNav Indonesia yang akan dikeluarkan setelah ini," tegasnya.

Baca: Bandara I Gusti Ngurah Rai Ditutup, Calon Penumpang Pesawat Padati Terminal Bus Mengwi

Yanus menambahkan, hal tersebut dilakukan karena sebaran debu vulkanik semakin melebar, dan bahkan sampai di Banyuwangi dan Jember.

Berikut keputusan hasil rapat evaluasi erupsi Gunung Agung oleh Komunitas Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bali:

1. Menindaklanjuti adanya erupsi Gunung Agung pada pukul 24.00 Wita, ketinggian vulcanic ash/erupsi mencapai 3.000 m2;

2. Pada pukul 23.10 wita berdasarkan Meteorological watch office, telah menerbitkan berita meteorologi significant untuk penerbangan yang didasarkan dari informasi: pengamatan dari VA Advisory Darwin, bahwa semburan vulcanic ash dari Gunung Agung telah mencapai pada ketinggian 30 ribu feet bergerak ke arah selatan-barat daya dengan kecepatan 5-10 kts, dan masih mengarah ke Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali;

3. Hingga pukul 00.00 Wita, paper eest telah dilakukan dan hasilnya adalah NIL adanya Vulcanic Ash di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bali;

4. Dengan pertimbangan air space/ ruang udara bandara masih tertutup oleh sebaran vulcanic ash sesuai dengan ploting VA Advisory, maka Notam Closed Bandara akan dilanjutkan hingga 24 jam ke depan. (Zaenal Nur Arifin)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help