PT Ethica Investasikan Dana Rp 1 Triliun untuk Pabrik Baru di Cikarang

Pabrik joint venture antara Fresenius Kabi AG dan SOHO Global Health ini akan berkontribusi memenuhi pasar di negara-negara Asia dan Australia.

PT Ethica Investasikan Dana Rp 1 Triliun untuk Pabrik Baru di Cikarang
Warta Kota/Lilis Setyaningsih
MENTERI Kesehatan RI Prof Dr dr Nila Farid Moeloek dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (ketiga dan keempat dari kiri) meresmikan pabrik PT Ethica Industri Farmasi senilai Rp 1 triliun di Cikarang, Jawa Barat, Kamis (23/11/2017). 

WARTA KOTA, CIKARANG --- PT Ethica Industri Farmasi telah menginvestasikan dana sebesar Rp 1 triliun untuk mendirikan pabrik baru yang berada di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Jawa Barat.

Pabrik seluas 4,3 hektar ini akan memproduksi obat injeksi dalam bentuk ampul maupun vial menggunakan teknologi aseptik dan sterilisasi akhir. Setahun akan diproduksi sekitar 130 juta ampul. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan ketika di pabrik lama di Pulo Gadung yang hanya memproduksi 30 juta per tahun.

MENTERI Kesehatan RI Prof Dr dr Nila Farid Moeloek dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (ketiga dan kedua dari kiri) dalam acara peresmian pabrik PT Ethica Industri Farmasi senilai Rp 1 triliun di Cikarang Jawa Barat, Kamis (23/11/2017).
MENTERI Kesehatan RI Prof Dr dr Nila Farid Moeloek dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (ketiga dan kedua dari kiri) dalam acara peresmian pabrik PT Ethica Industri Farmasi senilai Rp 1 triliun di Cikarang Jawa Barat, Kamis (23/11/2017). (Warta Kota/Lilis Setyaningsih)

Fresenius Kabi Board Member & President Region Asia Gerrit Steen mengatakan, produk-produk obat yang injeksi yang dihasilkan dari pabrik yang merupakan joint venture antara Fresenius Kabi AG dan SOHO Global Health ini akan berkontribusi memenuhi pasar di negara-negara Asia dan Australia. Pabrik ini sudah mulai beroperasi secara komersial sejak awal Oktober 2017. Pabrik ini dibangun mulai tahun 2013.

Presiden Direktur PT Ethica Industri Farmasi Indrawati Taurus menyatakan komitmennya untuk memberikan dukungan penuh terhadap program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sebagai upaya menyediakan produk kesehatan yang berkualitas global dan terjangkau bagi masyarakat Indonesia.

Pada tahun 2016, pabrik baru PT Ethica Industri Farmasi telah mendapatkan izin industri farmasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan sertifikat Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

MENTERI Kesehatan RI Prof Dr dr Nila Farid Moeloek dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (ketiga dan keempat dari kiri)  meresmikan pabrik PT Ethica Industri Farmasi senilai Rp 1 triliun di Cikarang Jawa Barat, Kamis (23/11/2017).
MENTERI Kesehatan RI Prof Dr dr Nila Farid Moeloek dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (ketiga dan keempat dari kiri) meresmikan pabrik PT Ethica Industri Farmasi senilai Rp 1 triliun di Cikarang Jawa Barat, Kamis (23/11/2017). (Warta Kota/Lilis Setyaningsih)

Saat ini, PT Ethica Industri Farmasi telah menyediakan lebih dari 20 jenis produk obat injeksi, antara lain digunakan dalam perawatan ginekologi, anestesi, dan perawatan pasien kritis yang telah dipasarkan di Indonesia.

Rencananya akan meningkatkan jumlah produk hingga tiga kali lipat dan juga melakukan ekspor ke berbagai negara seperti Hongkong, Korea Selatan, Filipina, Singapura, Thailand, Taiwan, Vietnam, dan Australia.

Sayangnya Taurus enggan menyebutkan nilai investasi yang akan dikeluarkan dalam jangka waktu tiga tahun kedepan karena masih banyak dipengaruhi sumber daya manusia dan inovasi yang dilakukan. Selain menaikkan kapasitas juga menambah jenis injeksi menjadi 60 jenis. 

Penulis: Lilis Setyaningsih
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help