WartaKota/

Polisi Tangkap Pelaku Perdagangan Orang ke Malaysia

"Korban berasal dari Lombok (NTB), Yogyakarta, dan Sukabumi (Jawa Barat) kemudian diserahkan ke tersangka," ujarnya

Polisi Tangkap Pelaku Perdagangan Orang ke Malaysia
Reuters
Ilustrasi perdagangan orang. 

WARTA KOTA, JAKARTA-  Bareskrim Polri menangkap pelaku tindak pidana perdagangan orang dari Indonesia ke Malaysia. Tersangka atas nama Maslaah ditangkap oleh Unit 4, Subdirektorat 3, Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim. Kepala Subdirektorat 3 Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Kombes Ferdi Sambo mengatakan, Pelaku merekrut sebanyak 18 korban oleh masing sponsor. "Korban berasal dari Lombok (NTB), Yogyakarta, dan Sukabumi (Jawa Barat) kemudian diserahkan ke tersangka," ujarnya dalam keterangan persnya, Jumat (24/11/2017)

Terangka kemudian menampung para korbannya di kawasan Condet, Jakarta Timur, dan dibawa ke Pasuruan Jawa Timur untuk ditampung sementara menunggu tiket. 
Penangkapan ini berdasarkan laporan nomor 461/v/2017 / bareskrim tanggal 5 Mei 2016 lalu.

"Para korban diberangkatkan ke Kuala Lumpur melalui bandara Juanda Surabaya, setelah tiba di Kuala Kumpur para korban diamankan oleh pihak imigrasi Kuala Lumpur dan selanjutnya di serahkan ke KBRI di Malaysia," ujarnya.  Sebanyak 18 korban akhirnya dipulangkan dari Malaysia pada tanggal 6 mei 2017.

Pelaku dijerat pasal 4 uu no 21 tahun 2007 ttg TPPO dan atau pasal 102 ayat 1 huruf a UU no.39 tahun 2004 tentang PPTKILN. Selain keterangan saksi korban
, polisi juga mengamankan bukti berupa handphone, buku rekening serta kartu ATM Bank Mandiri dan BCA, serta buku catatan pelaku.

Tersangka dibawa dari Jawa Timur ke Mabes Polri dan terus dilakukam pemeriksaan. "Kami juga menyelidiki dan memeriksa para sponsor di kampung (penyalur)," tuturnya. 

Penulis: Ahmad Sabran
Editor: ahmad sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help