Suara Gelegar Terdengar di 46 Negara Masih Misterius dan Belum Terpecahkan

Sepanjang tahun 2017 saja, suara dentuman dilaporkan terdengar di 64 lokasi berbeda di seluruh dunia.

Suara Gelegar Terdengar di 46 Negara Masih Misterius dan Belum Terpecahkan
Tribun Jogja
Ilustrasi fenomena alam 

WARTA KOTA, BOGOR - Akhir pekan kemarin tanggal 14 November 2017, warga di kawasan Alabama mendengar suara dentuman misterius dari langit. Suara tersebut, terdengar di seluruh kawasan negara bagian.

Sehari kemudian, suara yang sama terdengar di Idaho.

Warga di kawasan itu mendengar suara menggelegar di kawasan lembah Lewiston Clarkston sekitar pukul 23.00. Penyebabnya tak diketahui.

Para ahli menjulukinya sebagai 'Bama Boom' namun mereka masih belum memiliki jawaban mengenai sumber dentuman. Umumnya, dentuman seperti itu berasal dari suara pesawat tempur supersonik dan juga berasal dari ledakan meteor di atmosfir.

Lembaga Cuaca Nasional Birmingham, mendeteksi suara itu. Namun mereka tak menemukan sumber ledakan.

'Suara dentuman terdengar. Kami tak melihat ada indikasi kebakaran atau adanya asap di radar pemantau. USGS juga tak mendeteksi adanya gempa' demikian cuitan yang diunggah lembaga ini.

Lembaga ini memperkirakan bahwa dentuman itu berasal dari suara jet supersonik atau dari meteor leonid. Namun NASA menyangsikan penjelasan tersebut.

Bill Cooke, Kepala Kantor Pemantauan Meteorid NASA, dalam sesi wawancara bersama ABC 3340 menjelaskan, dentuman itu lebih mirip suara jet supersonik, ledakan di darat atau tabrakan meteor yang kemudian meledak di atmosfir. Mereka juga menegaskan bahwa ini tak ada kaitannya dengan hujan meteor leonid.

USGS juga memastikan dentuman bukan berasal dari aktivitas seismik semisal gempa.

Meski semua prediksi mengarah pada suara jet supersonik, namun pihak militer Amerika tak memberikan penjelasan mengenai suara tersebut.

Halaman
12
Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved