WartaKota/

5 Perwira Pembebas Sandera Tolak Kenaikan Pangkat, Diberi Pendidikan Khusus

Lima perwira dalam operasi pembebasan sandera di Timika, Papua menolak kenaikan pangkat luar biasa. Mereke mendapat pendidikan khusus.

5 Perwira Pembebas Sandera Tolak Kenaikan Pangkat, Diberi Pendidikan Khusus
Kompas TV
TNI saat memburu kelompok kriminal bersenjata yang sandera warga di Papua. 

WARTA KOTA, PALMERAH-Lima perwira TNI yang terlibat pembebasan warga sipil di Tembagapura, Papua, menolak kenaikan pangkat luar biasa (KPLB). Mereka lalu mendapat prioritas untuk melanjutkan pendidikan khusus mendahului yang lain.

Kenaikan pangkat akhirnya diberikan ke 58 prajurit, terdiri atas tamtama dan bintara.

Kenaikan pangkat luar biasa merupakan penghargaan dari Mabes TNI kepada para prajurit yang terlibat pembebasan warga sipil dari cengkeraman kelompok kriminal bersenjata di Desa Kimbley dan Binti, Tembagapura.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo, Minggu (19/11/2017) pagi.

"Ada 58 prajurit TNI mendapat kenaikan pangkat satu tingkat dari pangkat sebelumnya atau menerima KPLB," ungkap Kepala Penerangan Kodam XVII/Cendrawasih, Kolonel Inf Muhamad Aidi, Minggu siang.

Aidi menyatakan, ke-58 prajurit yang mendapat penghargaan berpangkat bintara dan tamtama. Sedangkan lima perwira TNI menolak menerima penghargaan itu. Kelimanya adalah Kapten Inf SSP (Taipur), Lettu Inf AZ (Taipur),
Lettu Inf AD (Kopassus), Lettu Inf SPA (Kopassus), dan Lettu Inf SAF (Yonif RK 751/VJS). 

"Seharusnya ada 63 anggota TNI yang mendapat kenaikan pangkat. Tapi lima perwira enggan menerimanya, dengan alasan keberhasilan evakuasi sandera itu adalah keberhasilan anggotanya. Sedangkan kegagalan itu tanggung jawab pimpinan. Lalu semua perwira sepakat untuk menolaknya," papar Aidi.

Warga yang diisolasi oleh kelompok kriminal bersenjata dievakuasi dari Kampung Kimberly, Kampung Banti, menuju Tembagapura, dengan pengawalan ketat personel TNI dan Polri pada Jumat (17/11/2017) sekitar pukul 11.00 WIT. (Humas Polda Papua) (Humas Polda Papua).

Para penerima kenaikan pangkat luar biasa, merupakan pasukan TNI yang terlibat dalam operasi terpadu.

Seusai mengikuti upacara penyerahan KPLB, mereka terus melakukan tugasnya.

Halaman
123
Editor: Max Agung Pribadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help