WartaKota/
Home »

News

» Jakarta

Pengerukan Kali Krukut Bisa Bikin Rumah Warga Longsor

Pengerukan Kali Krukut di beberapa titik di Kecamatan Kebayoran Baru dan Kemang, Jakarta Selatan, mengancam rumah-rumah warga di sekitarnya.

Pengerukan Kali Krukut Bisa Bikin Rumah Warga Longsor
Istimewa
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meninjau pengerukan Kali Krukut di Jakarta Selatan, Selasa (14/10/2017) siang. 

WARTA KOTA, GAMBIR - Pengerukan Kali Krukut di beberapa titik di Kecamatan Kebayoran Baru dan Kemang, Jakarta Selatan, mengancam rumah-rumah warga di sekitarnya.

Longsor bisa terjadi apabila pengerukan dilakukan secara tak cermat. Kepala Dinas Sumber Daya Air Pemprov DKI Jakarta Teguh Hendrawan mengungkapkan hal itu di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (20/11/2017).

"Pengerukan itu sebenarnya pekerjaan teknis mengantisipasi banjir," kata Teguh.

Baca: Panik Dikejar Massa, Dua Penjambret Tabrak Ambulans

Kawasan Kemang memang menjadi salah satu titik banjir. Penyebab utamanya, air dari saluran penghubung di pinggir jalan mengantre masuk ke Kali Krukut.

Tapi, pengerukan tidak maksimal lantaran terkendala bangunan-bangunan warga di sepanjang bantaran kali. Apabila Kali Krukut dikeruk melebihi kedalaman tertentu, risikonya bangunan-bangunan yang mengokupansi area sungai bisa mengalami longsor.

Lebar Kali Krukut saat ini berkisar 5 hingga 6 meter, dari trase basah ideal sebuah sungai selebar 24 meter. Teguh menjelaskan, pengerukan di Kali Krukut hanya bisa mencapai tiga meter saja.

"Kalau lebih dari itu akan longsor. Di Jalan Kapten Tendean yang di hulu, kalau dikeruk dalem itu di bawahnya ada beton bangunan tiga lantai. Kalau dikeruk lebih dalam pasti longsor. Memang butuh waktu lama, satu-satunya ya kembalikan lagi yang namanya kali," papar Teguh. (*)

Penulis: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help