WartaKota/

KORAN WARTA KOTA

Ditinggalkan Istri Gara-gara Karya Seni Ini

"Butuh waktu hampir tujuh tahun untuk mengetahui bagaimana meramu emas 24 karat, minyak alami, dan lem buatan sendiri..."

Ditinggalkan Istri Gara-gara Karya Seni Ini
PrtSc Warta Kota
SEBANYAK 24 lukisan di atas emas murni 24 karat karya seniman kondang Korea Selatan, Kim il Tae, hadir dalam pameran bertajuk Korean Gold Painting di Ciputra Artpreneur, Kuningan, Jakarta Selatan, 13-14 November 2017. 

WARTA KOTA, KUNINGAN --- Gelaran pameran lukisan hasil kerja sama pemerintah Republik Indonesia dan Korea Selatan menghadirkan konsep unik dan mengundang decak kagum.

Sebanyak 24 lukisan di atas emas murni 24 karat karya seniman kondang Korea Selatan, Kim il Tae, hadir dalam pameran bertajuk Korean Gold Painting di Ciputra Artpreneur, Kuningan, Jakarta Selatan, tersebut.

Pada pameran yang berlangsung selama dua hari, Senin (13/11) dan Selasa (14/11) itu, Kim memperkenalkan sebuah teknik baru yang terbilang tidak lazim. Emas murni 24 karat ia gores menjadi gambar-gambar yang melambangkan arti penting dalam kehidupannya.

Kim menuturkan, untuk menghasilkan karyanya itu butuh perjuangan tidak mudah. Prosesnya cukup panjang.

"Butuh waktu hampir tujuh tahun untuk mengetahui bagaimana meramu emas 24 karat, minyak alami dan lem buatan sendiri agar saya bisa melukis dengan pigmen emas, tanpa retak atau ada perubahan warna. Sebelum memastikan membuat lukisan emas ini, saya berlatih dengan lempung merah terbaik," ujarnya ditemui di sela pameran, Senin (13/11).

Bergelut di dunia seni, Kim berupaya mencari jati diri. Ia mencoba mengeksplorasi segenap ide-ide gila, hingga tercetuslah kreasi yang amat mahal itu.

Ia bahkan sampai menjual sebuah bangunan miliknya untuk membeli logam mulia dan menggoreskannya di atas kanvas. Tidak sedikit kritikus seni yang menilai tindakan Kim itu sebagai sebuah kegilaan.

"Istri saya meninggalkan saya dan saya dikucilkan masyarakat. Tetapi yang ingin saya lakukan adalah menghadapi tantangan dengan merintis bidang seni yang tidak diketahui. Saya harus tampil dengan cara yang benar-benar kreatif dan orisinal," imbuhnya...... 

Karya-karya Kim makin kondang saat penyanyi Korsel Psy dengan sensasi global Gangnam Style, membeli enam lukisannya.

"Saya ingin orang-orang segera terhubung dengan lukisan saya, terlepas dari mana asalnya. Dan tidak ada yang lebih baik dari cinta keibuan untuk tujuan ini," ujarnya.

Halaman
12
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help