WartaKota/

Tips Nyaman Naik Pesawat

Ketika menggunakan pesawat, sebaikya kita mengenakan pakaian yang nyaman supaya perjalanan pun menjadi nyaman.

Tips Nyaman Naik Pesawat
Warta Kota/Alex Suban
Sejumlah wisatawan turun dari pesawat di Bandara Ngurah Rai, Bali. 

WARTA KOTA, PALMERAH -- SELAMA melakukan perjalanan, termasuk ketika menggunakan pesawat, sebaikya kita mengenakan pakaian yang nyaman supaya perjalanan pun menjadi nyaman.

Simak 7 tips agar perjalanan kita dengan menggunakan pesawat tetap nyaman dan kita pun tetap tampil gaya seperti dikutip dari KompasTravel, beberapa waktu lalu.

1. Gunakan pakaian berlapis
Suhu di dalam kabin pesawat bisa berganti-ganti, dari dingin karena pendingin ruangan hingga hangat akibat sinar matahari yang masuk ke dalam kabin. Jadi sebaiknya kenakanlah pakaian berlapis.

Kita bisa mengenakan scarf lebar atau pashmina yang berguna untuk menutup tubuh saat kedinginan, selayaknya selimut. Tambahan lain bisa cardigan, rompi, maupun jaket. Bila tidak diperlukan, jaket bisa digulung untuk dijadikan bantal tidur.

2. Perhatikan jenis kain
Pilih pakaian dengan jenis kain yang mampu menyalurkan udara dan uap air antara kulit tubuh dan pakaian, sehingga tidak terasa gerah saat dikenakan. Biasanya kain jenis ini disebut sebagai breathable fabric. Kain jenis katun, linen, dan sutra, bisa jadi pilihan. Kain yang tidak mampu menyalurkan udara dapat menahan keringat di kulit. Hal ini dapat membuat badan kita terasa kotor.

3. Pakaian yang longgar
Agar terhindar dari risiko Deep Vein Thrombosis (DVT) atau pembentukan gumpalan darah di vena dalam, kenakan pakaian yang longgar. DVT kerap terjadi pada pejalan yang sering naik pesawat akibat terlalu lama duduk di tempat sempit. Oleh karena itu, kita tak perlu mengenakan celana kulit, skinny jeans, atau celana legging yang ketat. Hindari baju ketat yang sampai menimbulkan bekas di kulit. Perhatikan pula pemilihan kaus kaki dan celana.

4. Kaus kaki
Biasakan mengenakan kaus kaki dan sepatu saat di pesawat. Jangan biarkan kaki telanjang menyentuh lantai kabin yang penuh kuman. Jika kaki terasa lelah karena lama mengenakan sepatu, kita bisa mengenakan sandal. Namun, kaus kaki tetap harus dikenakan.

5. Sepatu
Hindari mengenakan sandal, apalagi jika kita terbang jarak jauh. Kita bisa menggunakan flat shoes dan hindari sepatu hak tinggi. Selain itu kenakan sepatu tak bertali yang mudah dilepas. Hindari pula sepatu dengan hiasan berbahan metalik.

6. Stoking kompresi
Compression stocking biasa digunakan oleh penderita DVT atau varises. Stoking elastis ini mampu melancarkan sirkulasi darah. Beberapa dokter juga menyarankan ibu hamil mengenakan stoking ini saat naik pesawat. Harganya memang lumayan mahal. Namun jika kita termasuk sering naik pesawat terutama untuk penerbangan jarak jauh, tidak ada salahnya mencoba mengenakan stoking kompresi ini.

7. Tampil gaya
Sudah menjadi rahasia umum bahwa kerap kali maskapai penerbangan memberikan upgrade gratis pada penumpang pada situasi-situasi tertentu, misal saat kabin kelas ekonomi penuh. Beberapa maskapai penerbangan menawarkan upgrade pada penumpang yang tampil gaya. (Ni Luh Made Pertiwi/ron)

Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help