WartaKota/
Home »

Depok

Pemkot Depok Akui Belum Mampu Sediakan Transportasi Massal yang Nyaman tapi Murah

Wakil Wali Kota Depok ini menuturkan Pemkot Depok belum mampu menyediakan transportasi massal yang nyaman dan murah bagi warganya.

Pemkot Depok Akui Belum Mampu Sediakan Transportasi Massal yang Nyaman tapi Murah
warta kota/Budi Sam Law Malau
Pradi Supriatna, Wakil Wali Kota Depok 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna menuturkan selama Kota Depok berdiri sampai saat ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok diakuinya belum mampu menyediakan transportasi massal yang nyaman sekaligus murah bagi warga Depok.

Bahkan, menurutnya, dalam beberapa tahun ke depan, cukup sulit bagi Pemkot Depok mewujudkan hal tersebut karena keterbatasan anggaran dan prioritas pembangunan.

Padahal setiap harinya ada ratusan ribu warga Depok yang bergerak atau beraktivitas ke luar wilayah Depok sepeti Jakarta dan wilayah sekitar lainnya.

"Karenanya untuk transportasi publik massal dan murah ini warga Depok masih mengandalkan kereta api atau commuter line. Karena kita memang belum bisa sediakan juga belum dianggarkan," kata Pradi, Selasa (14/11/2017).

Menurut Pradi upaya yang dapat dan sudah ditempuh ialah Pemkot Depok terkait penyediaan transportasi massal yang murah dan nyaman bagi warganya, adalah dengan menggandeng Pemprov DKI atau Pemerintah pusat.

"Di antaranya sejak 2016 sudah ada bus Transjakarta yang melayani warga Depok, mulai dari Terminal Depok sampai Cawang UKI. Jumlahnya ada 15 bus setiap harinya," kata Pradi.

Itu pun, kata Pradi, selama melintas di wilayah Depok, bus Transjakarta tidak melalui jalur khusus atau busway yang berbeda halnya ketika bus yang sama berada di wilayah Jakarta.

Alasannya, katanya, pembuatan jalur khusus bus memerlukan anggaran besar selain berpotensi menambah kemacetan di Depok karena jalur untuk jalan reguler bisa berkurang.

"Tapi itu sudah lumayan. Selain itu ada juga bus Transjakarta yang melayani jalur Manggarai - Halte UI, atau tepat berbatasan dengan Depok," kata Pradi.

Ke depan kata dia, masalah penyediaan alternatif transportasi publik bagi warga Depok selain commuter line, akan menjadi tantangan tersendiri bagi pihak Pemkot Depok.

"Kami akan upayakan dan kaji terus untuk menjalin kerjasama dengan Pemprov DKI dan Pemerintah Pusat atau Kemenhub dalam hal ini. Sebab transportasi publik memang salah satu kebutuhan utama warga Depok di era saat ini," kata Pradi.

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: YB Willy Pramudya
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help