WartaKota/

Kisah Kebingungan Soleh Solihun di Masa Kuliah Mau Jadi Apa Nantinya

Soleh menjelaskan bahwa ketika kuliah di Unpad, Jatinangor, Jawa Barat, ia bersama teman-temannya sempat bingung ingin menjadi apa.

Kisah Kebingungan Soleh Solihun di Masa Kuliah Mau Jadi Apa Nantinya
Warta Kota/Arie Puji Waluyo
Soleh Solihun 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Cerita nostalgia komika dan aktor Soleh Solihun (38), semasa kuliah, rupanya digambarkan dalam sebuah film yang bertajuk 'Mau Jadi Apa'.

Soleh menjelaskan bahwa ketika kuliah di Universitas Padjajaran (Unpad), Jatinangor, Jawa Barat, ia bersama teman-temannya sempat bingung ingin menjadi apa.

Dikarenakan dunia perkuliahan yang menjadi ajang pencarian jati diri, dengan segudang aktivitas akademik dan non akademik di dalamnya.

"Jadi, memang cerita penglaman. Karen memang ketika ditawarkan untuk membuat film, saya menginginkan mengangkat kisah kuliah saya. Karena kisah saya yang penting itu ketika kuliah," kata Soleh Solihun.

Kisah Soleh Solihun semasa jadi mahasiswa Unpad dijadikan film bernuansa mahasiswa yang apik.
Kisah Soleh Solihun semasa jadi mahasiswa Unpad dijadikan film bernuansa mahasiswa yang apik. (Warta Kota/Arie Puji Waluyo)

Hal itu ia katakan ketika mengunjungi Warta Kota, di kawasan Palmerah, Jakarta Barat, Selasa (14/11/2017) untuk mempromosikan film 'Mau Jadi Apa', bersama dengan Anggika Bolsterli, Aci Resti, Adjis Doa Ibu, dan Yusril Fahriza.

Soleh menceritkan, ketika kuliah, ia dan teman-temannya mencoba membuat sebuah organisasi Pers Mahasiswa (Persma) untuk mencari jati dirinya.

"Yah saya dan teman-teman itu enggak tahu mau jadi apa. Ada yang ngerasa terdampar di Fikom Unpad. Kita iseng-iseng buat Persma namanya Karung Goni (Kabar Ungkapan Gosip dan Opini)," ucapnya.

"Ada sih persma waktu itu tapi topiknya politik yang saya enggak sukain. Akhirnya bikin persma Karung Goni," sambugnya.

Membuat sebuah Persma ternyata diungkapkan oleh Soleh, dikarenakan ia bersama teman-temannya tidak senang untuk membaca pemberitaan mengenai politik kala itu.

"Nah ketika itu iseng, diperjalanan memang menemukan 'passion' ternyata senang dibidang media dan senang nulis. Dari iseng ketemu yang dicintai. Makanya ketemu 'Mau Jadi Apa'. Film ini pencarian jawaban dari pertanyaan Mau Jadi Apa," ungkapnya.

Menurutnya, mengangkat kisah mnengenai Soleh saat berkuliah dikarenakan pembahasan 'Mau Jadi Apa' sangat universal.

"Tapi ceritanya universal karena 'Mau Jdi Apa' itu untuk semuanya pertanyaannya. Atau bahkan yang sudah kerja, kerja setiap hari mau jadi apa. Saalah satu proses penting dalam kehidupan saya itu disaat kuliah. Makanya film komedinya ada isinya enggak sekedar ketawa-ketawa," ujar Soleh Solihun yang dimana setelah kuliah, bekerja menjadi jurnalis, ikut Stand Up Comedy, dan menjadi aktor.

Film Mau Jadi Apa menceritakan kisah hidup dari Soleh Solihun saat kuliah. Tahun 1997-2003 Soleh dan teman-temannya bingung dengan rencana masa depan mereka, yang tidak tahu ingin menentukan jalurnya saat berkuliah di jurusan Komunikasi Universitas Padjajaran (Unpad), Jatinangor, Jawa Barat.

Mau Jadi Apa juga diperankan oleh aktris dan aktor hingga stand up comedyan Indonesia, seperti Aurelie Moeremans (Ros), Anggika Bolsterli (Fey), Boris Bokir (Lukman), Adjis Doaibu (Marsyel), Ronal Surapradja (Panji), Poppy Sovia (Risma), Aci Resti (Dinda), Ernest Prakasa (Ernest), Gading Marten (Ambrosius), Andhika Pratama (Nino), dan masih banyak lagi.

Rencananya, Soleh akan merilis dan menayangkan karya filmnya itu ke seluruh bioskop Indonesia, pada 30 November 2017 mendatang.

Penulis: Arie Puji Waluyo
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help