WartaKota/

Divonis Setahun Enam Bulan Penjara, Buni Yani Banding

Buni Yani, terdakwa kasus dugaan pelanggaran Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik, divonis hukuman satu tahun enam bulan penjara.

Divonis Setahun Enam Bulan Penjara, Buni Yani Banding
TRIBUNJABAR.CO.ID/THEOFILUS RICHARD
Buni Yani saat diperiksa sebagai terdakwa di sidang kasus dugaan pelanggaran Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik di Gedung Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (26/9/2017). 

WARTA KOTA, BANDUNG - Buni Yani, terdakwa kasus dugaan pelanggaran Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik, divonis hukuman satu tahun enam bulan penjara.

Vonis itu dibacakan ketua majelis hakim M Sapto SH, di Gedung Perpustakaan dan Arsip Daerah di Jalan Seram, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (14/11/2017).

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Buni Yani, oleh karena itu menjatuhkan pidana penjara selama 1 tahun 6 bulan," ujar M Sapto SH saat membacakan amar putusannya.

Baca: Amien Rais: Kita Berterima Kasih kepada Buni Yani yang Sudah Mengingatkan Ahok

Vonis ini lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum, yang menuntut terdakwa hukuman dua tahun penjara.

Dalam sidang tersebut, majelis hakim menyebut perbuatan Buni Yani terbukti memenuhi unsur pidana.

Buni Yani disebut terbukti melanggar pasal 32 ayat (1) Undang-undang No 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik

"Terbukti bersalah melakukan pelanggaran UU Informasi dan Transaksi Elektronik, dengan sengaja melawan hukum, menambah, mengurangi, melakukan transmisi, dan menghilangkan suatu informasi elektronik dan dokumen elektronik milik orang lain atau milik publik," tutur M Sapto.

Baca: Gara-gara Kasus yang Menjeratnya, Riset Doktoral Buni Yani Harus Berhenti

Majelis hakim juga mengatakan putusan tersebut sudah melalui berbagai pertimbangan.

Hal yang memberatkan, perbuatan Buni Yani dianggap menimbulkan keresahan, tidak mengaku bersalah, dan profesinya sebagai dosen yang seharusnya memberikan contoh yang baik.

Sedangkan hal yang meringankan, Buni Yani belum pernah berurusan dengan hukum sebelumnya dan memiliki keluarga.

Meski divonis penjara 1 tahun 6 bulan, tidak ada perintah penahanan terhadap Buni Yani. Selanjutnya tim penasihat hukum Buni Yani akan mengajukan banding. (Theofilus Richard)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help