WartaKota/
Home »

Depok

Bantuan untuk Korban Banjir di Pasir Putih Sawangan Sudah Dikoordinasikan

ada delapan kepala keluarga yang rumahnya terendam banjir paling parah yakni 1 meter dan kini mengungsi

Bantuan untuk Korban Banjir di Pasir Putih Sawangan Sudah Dikoordinasikan
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Banjir di Jalan Mawar, RT 3/4, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Depok, Kamis (9/11/2017). 

WARTA KOTA, DEPOK -- Kapolsek Sawangam Komisaris Suwardji menuturkan pihaknya sudah mengkordinasikan bantuan yang diberikan bagi warga korban banjir di sekitar Jalan Mawar, RT 3/4, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Depok, Kamis (9/11/2017).

Menurutnya sampai saat ini dari data yang didapatnya ada delapan kepala keluarga yang rumahnya terendam banjir paling parah yakni 1 meter dan kini mengungsi di wilayah sekitar.

Banjir di Jalan Mawar, RT 3/4, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Depok, Kamis (9/11/2017).
Banjir di Jalan Mawar, RT 3/4, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Depok, Kamis (9/11/2017). (Warta Kota/Budi Sam Law Malau)

"Mereka sudah menyelamatkan barang berharga mereka. Untuk sementara ada delapan rumah yang terendam banjir paling parah sampai satu meter. Banjir ini karena luapan Kali Pesanggrahan," kata Suwardji, Kamis.

"Untuk bantuan sudah kita kordinasikan dengan Polres, Tim SAR dan PMI serta Pemkot Depok," katanya.

Berdasarkan keterangan warga, katanya, wilayah mereka ini memang langganan banjir namun kali ini cukup parah. "Sebab kali yang melintasi pemukiman sudah dangkal. Sehingga jika hujan deras luapan kali terjadi jika ada kiriman dari Bogor," katanya.

Sebelumnya diberitakan sejumlah rumah warga di sekitar Jalan Mawar, RT 3/4, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Depok, dilanda banjir hingga ketinggian satu meter, Kamis (9/11/2017) sore akibat luapan Kali Pesanggrahan.

Akibatnya warga mesti mengevakuasi barang berharga mereka ke rumah kerabat atau tetangga terdekat, yang tidak terkena banjir.

Suyat (35) warga sekitar menuturkan air mulai masuk ke jalan dan permukiman warga sekitar pukul 14.00 saat hujan deras mengguyur wilayah mereka. Dalam waktu satu jam kata dia, air sudah setinggi pinggang orang dewasa atau sekitar satu meter.

"Sampai sore ini, masih banjir dan beberpa rumah terendam. Ada warga yang ngungsi ke pos dan musholla atau ke tetangga," kata dia, Kamis sore sekitar pukul 17.30.

Menurutnya dari informasi yang didapatnya ada sejumlah tanggul kali yang tergerus air sehingga air masuk ke permukikam warga. "Lagi di cek sama warga, kenapa bisa banjir," kata dia.

Ia mengatakan wilayahnya memang rawan banjir namun kali ini adalah yang terparah. "Biasanya gak sampai rumah dan paling cuma sebetis," kata dia.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok, Manto Jorghi menuturkan pihaknya sudah menurunkan satgasnya ke lokasi yang dilaporkan banjir.

"Dari laporan, penyebabnya karena jembatan yang terlalu rendah, sehingga sampah menumpuk di sisi selatan jembatan, dan menyebabkan air Kali Pesanggrahan meluap ke jalan," kata dia.

Selain itu kata dia pada Kamis ini cuaca ekstrim berupa hujan deras disertai angin kencang cukup menguncang wilayah Depok, mulai pukul 12.00 sampai pukul 18.00. "Ini yang mengakibatkan air Kali Pesanggrahan meluap," katanya. (bum).

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help