Tujuh Gedung Sekolah Dasar di Jakarta Utara Dilakukan Rehab Total

Jadi seluruhnya (gedung) dihancurkan, serta dibangun kembali pada rehab total ini," paparnya Budi, pada Rabu (8/11/2017).

Tujuh Gedung Sekolah Dasar di Jakarta Utara Dilakukan Rehab Total
Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
Sekolah SDN 03 Warakas, Tanjung Priok, Jakarta Utara, yang tengah dilakukan rehab berat, Rabu (8/11/2.17). Sekolah itu pun masih dalam tahap pemasangan rangka baja ringan di bagian selatan gedung. 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Panji Baskhara Ramadhan

WARTA KOTA, TANJUNG PRIOK -- Kepala Suku Dinas (Kasudin) Pendidikan Wilayah I Kota Administrasi Jakarta Utara, Budi Sulistiono, akui selain 10 gedung sekolah dilakukan rehab berat, ada tujuh sekolah dasar negeri (SDN) yang dilakukan rehab total.

Rehab total ini pun menelan anggaran mencapai Rp 121 Miliyar.

"Ketujuh bangunan rehab total yaitu bangunan SD. Tujuh gedung SD tersebut yakni SDN 11-14 Pademangan Barat 11 dan 14, SDN 05 Sungai Bambu, SDN 01 Ancol, SDN 10 Pademangan Barat, SDN 01 Sunter Agung, SDN 01 Tanjung Priok, dan SDN 01 Warakas. Pembangunannya menelan biaya sekitar Rp 121. Jadi seluruhnya (gedung) dihancurkan, serta dibangun kembali pada rehab total ini," paparnya Budi, pada Rabu (8/11/2017).

Dikatakannya, rehab berat merupakan sebagai kewenangan pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan DKI Jakarta.

"Pemenang lelang kontraktor di pembangunan ini berasal dari PT Wika. Proses lelangnya pun melalui konsolidasi. Jajaran dari Pemprov DKI menginginkan pembangunan gedung sekolah menghasilkan kualitas maksimal," ungkap Budi kembali.

Batal rehab total

Dalam rehab total kali ini, dikatakan Budi, ada satu sekolah yang gagal direhab total. Sekolah SDN 01 Tanjung Priok, kata Budi, gagal direhab lantaran banyak kontraktor tidak berani untuk membangun sekolah tersebut, lantaran bagian kontur tanahnya tak memadai.

"Rehab total pada SDN 01 Tanjung Priok tidak dapat dilanjutkan alias batal. Sebab konstruksi kontur tanah tidak memadai untuk dilakukan pembangunan. Sehingga pembangunan rehab total akan dilanjutkan di tahun anggaran 2018. Kontur tanahnya di pinggiran kali. Saat lakukan pancang paku bumi, goyah dan terjeblos. Perlu pengerasan tanah dulu. Pihak kontraktor tidak berani melanjutkan," ungkapnya.

Ia melanjutkan, ratusan siswa akhirnya jalani proses belajar mengajar tersebut di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 30.

Kali ini Budi berharap, rehab total untuk gedung SDN 01 Tanjung Priok, Jakarta Utara, terealisasikan agar kedepannya siswa dan siswi kembali ke sekolahnya semula. (*)

Penulis: Panji Baskhara Ramadhan
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved