WartaKota/

Traveloka Gelar Program Kemanusiaan di Lereng Gunung Agung

Traveloka, agen perjalanan online itu menggelar layanan penyembuhan trauma bagi penduduku di lereng Gunung Agung, Bali.

Traveloka Gelar Program Kemanusiaan di Lereng Gunung Agung
istimewa
Country Market Manager Traveloka, John Safenson menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Kepala Desa Menanga, I Wayan Suwarta, di Posko Bencana Karangasem, Bali. 

WARTA KOTA, PALMERAH-Traveloka, perusahaan internet penyedia jasa travel booking untuk destinasi lokal dan internasional, menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada warga sekitar Gunung Agung di Bali.

Bantuan berupa program penyembuhan trauma bagi warga yang beberapa waktu lalu merasakan dampak peningkatan aktivitas vulkanik gunung tersebut.

Aksi kemanusiaan ini merupakan bagian dari komitmen Traveloka untuk terus berkontribusi kepada masyarakat di wilayah destinasi wisata, khususnya Bali sebagai salah satu destinasi wisata populer di Indonesia.

Program kemanusiaan yang disalurkan Traveloka juga berupa pangan dan penyediaan dapur umum.

Traveloka mendistribusikan bantuan senilai Rp 226.100.000 ke tujuh desa di Bali melalui kerja sama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT), sebuah organisasi masyarakat yang fokus pada penyaluran bantuan kemanusiaan.

Pada tahap pertama, bantuan akan disalurkan pada masyarakat di Desa Menanga, Desa Belatung, Desa Besakih, Desa Tegenan, dan Desa Batusesa\.

Sementara tahap kedua penyaluran bantuan akan dilaksanakan pada tanggal 11 November 2017 di Desa Abang dan Desa Seraya, Kabupaten Karang Asem.

Country Market Manager Traveloka, John Safenson, Traveloka menyerahkan bantuan kemanusiaan yang diwakili oleh Kepala Desa Menanga, I Wayan Suwarta, di Posko Bencana Karangasem beberapa waktu lalu.

“Aktivitas ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial Traveloka yang prihatin terhadap warga sekitar Gunung Agung yang terganggu aktivitasnya oleh peningkatan aktivitas Gunung Agung. Dengan basis operasi yang kuat di Indonesia, kami percaya kemitraan dengan ACT mampu memastikan bantuan yang diberikan tepat sasaran dan dapat disalurkan secara efektif,” ujar John.

Donasi merupakan hasil dari sumbangan yang dikumpulkan oleh segenap karyawan Traveloka dan inisiatif perusahaan untuk mengalokasikan Rp 500 dari setiap penjualan paket Tiket Pesawat + Hotel selama periode 24 – 28 Oktober 2017.

Vice President ACT, Rini Waryani sangat mengapresiasi inisiatif Traveloka untuk memberikan bantuan kepada para warga terdampak.

Bantuan pasca bencana alam berupa bantuan fisik, makanan, penampungan, dan pakaian merupakan bantuan yang penting dan dapat terlihat wujudnya.

"Namun, selain itu, para korban sebetulnya juga membutuhkan bantuan kesehatan mental karena trauma akibat bencana alam. Dengan bantuan yang diberikan Traveloka, penyembuhan trauma pasca bencana bertujuan agar korban dapat kembali menjalani aktivitas mereka dengan normal,” tuturnya.

Sejak status Gunung Agung di Bali ditingkatkan menjadi “awas” pada 22 September 2017, ribuan masyarakat sekitar terpaksa meninggalkan kediaman mereka untuk menempati posko-posko evakuasi sementara yang tersedia. Hingga saat ini, ribuan orang masih berpotensi terkena dampak aktivitas Gunung Agung dan masih terus menunggu kondisi gunung tertinggi di Pulau Bali tersebut dinyatakan aman. 

Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help