WartaKota/
Home »

News

» Jakarta

Tanggul Bocor di Kampung Luar Batang akan Ditambal

Petugas berusaha menambal aliran air dengan menggunakan karung pasir, dua pompa air juga disediakan untuk menyedot genangan..

Tanggul Bocor di Kampung Luar Batang akan Ditambal
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Pemukiman warga di Luar Batang Gang IX RT 03 RW 03, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara masih tergenang setelah sebelumnya tanggul yang berada di sana jebol. 

WARTA KOTA, PENJARINGAN -- Pemukiman warga di Luar Batang Gang IX RT 03 RW 03, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara masih tergenang setelah sebelumnya tanggul yang berada di sana jebol.

Pantauan di lokasi, ketinggian air mencapai 20 centimeter.

Petugas dari Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Utara juga terlihat berusaha menambal aliran air dengan menggunakan karung pasir.

Selain itu, dua pompa air juga disediakan untuk menyedot genangan.

"Tadi, air sempat naik sekitar pukul 10.00 WIB. Tapi sekarang udah surut cuma semata kaki orang dewasa. Ini juga karena kejadian kemarin ada tanggul yang jebol," ucap salah seorang warga, Sri (31), Selasa (7/11/2017).

Pemukiman warga di Luar Batang Gang IX RT 03 RW 03, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara masih tergenang setelah sebelumnya tanggul yang berada di sana jebol.
Pemukiman warga di Luar Batang Gang IX RT 03 RW 03, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara masih tergenang setelah sebelumnya tanggul yang berada di sana jebol. (Warta Kota/Junianto Hamonangan)

Kepala Satuan Pelaksana Suku Dinas Sumber Daya Air Kecamatan Penjaringan, Horas Yosua mengatakan sedikitnya ada 15 titik yang berlubang dari tanggul baru yang dibuat pada tahun 2016 silam.

"Ini banyak sampah lagi diangkat. Petugas lagi menutup celah bocor dari sheet pile yang masuk ke rumah. 3 unit pompa air juga kita kerahkan ke lokasi untuk mengatasi genangan," katanya.

Camat Penjaringan, Mohammad Andri menerangkan banjir di lokasi hanya sebatas mata kaki orang dewasa. Rencananya, Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Utara akan mengecor celah kebocoran tanggul menggunakan Batu kali.

"Kebocorannya mau ditambal pakai batu kali. Tapi masih menunggu area kebocoran kering dahulu sebelum dilakukan tindakan," tutupnya.

Sekadar informasi, tanggul yang bocor tersebut mengakibatkan empat Rukun Tetangga (RT) yakni RT 02, 03, 04, dan 07 Rukun Warga (RW) 03 terendam. Kebocoran paling parah terjadi di kediaman Syarifuddin hingga menyebabkan dinding rumah roboh.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help