Fakta Kekuasaan Allah Jadikan Saudi Negara Besar di Dunia Tanpa Sungai

Arab Saudi menjadi satu-satunya negara besar di dunia yang tidak memiliki sungai.

Fakta Kekuasaan Allah Jadikan Saudi Negara Besar di Dunia Tanpa Sungai
Xinhua
Ilustrasi umat Islam menunaikan ibadah haji. 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Selain menjadi negara Islam yang sangat istimewa, Arab Saudi mempunyai sejumlah keunikan dan keajaiban yang tidak ditemukan di negara lainnya.

Dikutip Warta Kota dari Fact, Minggu (5/11/2017), Arab Saudi menjadi satu-satunya negara besar di dunia yang tidak memiliki sungai.

Sementara itu, sebagaimana penelusuran sejumlah data dan dokumen terkait negara besar ini, keistimewaan Arab Saudi yang menjadi negara Kerajaan Islam memang diperintah oleh seorang Raja, tapi fatwa ulama selalu menjadi acuan setiap kebijakan dan putusan yang dilaksanakan di Arab Saudi.

Selain menjadi satu-satunya negara yang wajib diziarahi di dunia oleh umat Islam dalam setiap pelaksanaan ibadah haji dan umroh, keajaiban di Arab Saudi memang terjadi jauh sebelum Islam disebarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Arab Saudi menjadi sebuah negara yang memang mengalami sejumlah peristiwa besar di antaranya dengan peristiwa yang dialami oleh Nabi Ibrahim dan istrinya, Siti Hajar, yang melakukan sejumlah pengorbanan di kawasan gurun pasir yang sangat tandus.

Sebagian pelaksanaan ibadah haji dan umroh adalah mengikuti sejumlah kegiatan yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim, Siti Hajar, dan putra mereka, Ismail bin Ibrahim.

Karena ketaqwaan mereka, ibadah yang telah dilakukan Nabi Ibrahim, Nabi Ismail, dan Siti Hajar menjadi bagian kegiatan yang dilakukan dalam pelaksanaan haji dan umroh.

Keajaiban di Mekkah, yang ditemukan mata ari yang tidak pernah kering dan dikenal sebagai air Zamzam merupakan salah satu keajaiban di Arab Saudi karena meski diambil jutaan jemaah haji dan umroh, yang terus berdatangan.

Air dari mata air Zamzam itu tidak pernah kering, selalu melimpah seperti kucuran air yang pertama kali dirasakan oleh Nabi Ismail dan Siti Hajar yang kehausan.

Karena ujian yang demikian berat itu, Nabi Ibrahim dengan ketaqwaannya telah membuat Allah SWT melimpahkan rezeki di antaranya berupa air Zamzam tersebut.

Arab Saudi memang secara resmi di kenal sebagai Kerajaan Arab Saudi atau Kingdom of Saudi Arabia (KSA).

Negara ini adalah sebuah negara Arab di Asia Barat yang mencakup hampir keseluruhan wilayah Semenanjung Arabia.

Dengan luas wilayah kira-kira 2.150.000 km2 (830.000 sq mi), Arab Saudi secara geografis merupakan negara terbesar ke lima di Asia dan kedua terbesar di Dunia Arab setelah Aljazair.

Arab Saudi berbatasan langsung dengan Yordania dan Irak ke utara, Kuwait ke timur laut, Qatar, Bahrain, dan Uni Emirat Arab ke timur, Oman ke tenggara, dan Yaman ke selatan. Negara ini terpisah dengan Israel dan Mesir oleh Teluk Aqaba.

Negara ini adalah satu-satunya negara yang memiliki dua pesisir penting, yakni Laut Merah dan Teluk Persia, dan sebagian besar wilayah Arab Saudi merupakan gurun pasir.

Penulis: Gede Moenanto Soekowati
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved