Reza Rahadian Tertantang Berperan Jadi Benyamin Sueb

Dibuat ulang dengan arah lebih kekinian tanpa menghilangkan unsur sosial, politik, dan budaya Betawi yang khas.

Reza Rahadian Tertantang Berperan Jadi Benyamin Sueb
Warta Kota/Arie Puji Waluyo
Reza Rahadian 

WARTA KOTA, DUREN TIGA - Sudah 13 tahun berkarir di dunia akting, aktor Reza Rahadian (30) mengaku senang mendapatkan tawaran untuk membintangi film legenda 'Benyamin Sueb Biang Kerok', yang tenar pada tahun 1972.

Pasalnya, rumah produksi Falcon Pictres bersama sutradara kondang, Hanung Bramantyo membuat remake film tersebut, di mana dibuat ulang dengan arah lebih kekinian tanpa menghilangkan unsur sosial, politik, dan budaya Betawi yang khas pada seniman Benyamin Sueb.

Reza mengaku, lebih dari 40 film yang ia bintangi, pria kelahiran Bogor, Jawa Barat, 5 Maret 1987 itu belum pernah sama sekali memerankan tokoh legenda komedi yang dekat dengan masyarakat.

"Ketika ditawarin, saya mengaku ke mas Hanung kalau saya belum pernah main di range karakter seperti ini. Mas Hanung tahu bagaimana kemampuan saya, dan saya jujur belm pernah mencoba karakter Benyamin. Saya senang dapat tawaran ini," kata Reza Rahadian.

Hal itu ia katakan ketika ditemui dalam jumpa pers di Kantor Falcon Pictures, di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan, Sabtu (4/11/2017).

Karena memang belum pernah sama sekali, bintang film 'Habibie & Ainun', 'Ruddy Habibie', dan 'My Stupid Boss' itu merasa sangat tertantang untuk mendalami karakter seniman Betawi itu.

"Kalau memerankn Benyamin, buat saya tantangan baru lagi. Banyak hal yang saya eksplor, bukan nonton filmnya aja. Saya temukan Benyamin punya polanya sendri dalam berakting," ucapnya.

"Ada gimik yang iconic banget. Dari ketawa, nyengir, sampai bentuk bibir. Sehingga saya tertantang untuk bisa meyakinkan penonton bahwa saya bisa, itu tantangan besarnya," sambungnya.

Lanjut Reza, pemilik nama lengkap Reza Rahadian Matulessy itu menjelaskan bahwa dirinya membutuhkan wakut satu bulan untuk mendalami karakter Benyamin Sueb.

Reza Rahadian
Reza Rahadian (Warta Kota/Arie Puji Waluyo)

"Jadi dua minggu pertama sudah mulai riding dan nonton film-filmnya beliau (Benyamin Sueb). Saya cari refrensi film beliau empat sampai lima film. Terus kemudian diskusi sama mas Hanung gimana karakternya. Mas hanung ada gambaran tersendiri. Sayaa memenuhi ekspektasi sesuai mas Hanung. Pokoknya menarik dan seru banget," ujar Reza Rahadian.

Siapa yang tidak kenal seniman legendaris Indonesia, Benyamin Sueb. Tokoh yang sangat melegenda dan sangat ikonik di tanah Suku Betawi ini.

Ciri khas dan gestur dari sosok legenda tersebutn memang tidak mudah terhapus oleh setiap orang yang mengikuti karirnya selama ini.

Karya-karyanya baik dari seni peran hingga dunia musik sangat dikenang, dikenal, hingga melekat pada masyarakat Indonesia, khususnya warga Jakarta.

Penulis: Arie Puji Waluyo
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved