WartaKota/

Xi Jinping Akhirnya Balas Pesan Kim Jong Un

Pesan tersebut kemungkinan bisa memajukan hubungan kedua negara yang sempat tegang dan diperburuk ambisi pengembangan senjata oleh Korea Utara.

Xi Jinping Akhirnya Balas Pesan Kim Jong Un
www.scmp.com
PRESIDEN China Xi Jinping dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pada pertemuan mereka tahun 2015. 

WARTA KOTA, PYONGYANG --- Presiden China Xi Jinping telah mengirim pesan balasan kepada pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un.

Pesan tersebut menjadi yang pertama kali dikirim Xi kepada Kim sejak lebih dari setahun terakhir. Demikian dilaporkan media resmi Pyongyang, Kamis (2/11/2017).

Baca: Kirim Pesawat Pengebom, China Berlatih Menyerang Guam

Pesan tersebut bisa menjadi pertanda kemungkinan kemajuan hubungan kedua negara yang sempat tegang, dan diperburuk ambisi pengembangan senjata oleh Korea Utara.

Walaupun, Beijing sebenarnya adalah sekutu lama dan penyumbang ekonomi bagi Pyongyang.

Pesan dari Xi, dikirimkan Rabu (1/11/2017), sebagai balasan atas ucapan selamat yang disampaikan sepekan sebelumnya oleh Kim.

Dalam pesannya, Kim Jong Un memberi ucapan selamat kepada Xi yang kembali terpilih memimpin partai komunis yang berkuasa di China.

Baca: Terowongan Nuklir Korut Runtuh, 200 Tewas, Jepang Terancam Radiasi

"Saya berharap di bawah situasi terkini, China bersama dengan Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK) saling berupaya mempromosikan hubungan kedua partai dan dua negara demi keberlanjutan kebaikan dan pembangunan yang stabil," isi pesan Xi yang menyebut Kim sebagai 'Teman Ketua', seperti dilaporkan KCNA.

Sebelumnya Kim, dalam pesannya kepada Xi menyampaikan ucapan selamat serta mengungkapkan keyakinannya akan hubungan yang akan semakin baik demi kepentingan rakyat kedua negara.

Komunikasi terbuka antar-kedua pemimpin negara ini, menurut KCNA, terjadi terakhir kali pada Juli 2016. (Agni Vidya Perdana) 

Artikel ini diunggah juga di Kompas.comXi dan Kim Mulai Saling Membalas Pesan

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help