WartaKota/

Krisis Semenanjung Korea

Kirim Pesawat Pengebom, China Berlatih Menyerang Guam

"Sangat lazim bagi pesawat China untuk mencegat pesawat-pesawat AS belakangan ini. China sedang berlatih menyerang Guam..."

Kirim Pesawat Pengebom, China Berlatih Menyerang Guam
Wikipedia
PESAWAT pengebom strategis milik China, H-6K Badger. 

WARTA KOTA, BEIJING --- Sebuah pesawat pengebom China terbang melintas di dekat Guam, wilayah Amerika Serikat di Pasifik, Selasa (31/10/2017) .

Pesawat H-6K Badger yang membawa misil dengan daya jangkau 1.600 kilometer itu kemungkinan tengah menguji zona pertahanan militer AS di sekitar Guam.

Baca: Terowongan Nuklir Korut Runtuh, 200 Tewas, Jepang Terancam Radiasi

Melintasnya pengebom China ini merupakan salah satu aktivitas yang membuat militer AS di kawasan itu khawatir.

"Sangat lazim bagi pesawat China untuk mencegat pesawat-pesawat AS belakangan ini. China sedang berlatih menyerang Guam," ujar seorang pejabat militer AS kepada harian Military Times.

Baca: Biasakan Diri, Pesawat Pengebom B-2 Amerika Serikat Terbang di Pasifik

Aktivitas China belakangan ini menunjukkan bahwa negera itu sedang bersiap untuk mempertahankan perbatasannya yang semakin lebar.

"Kini hampir setiap hari menyaksikan pesawat-pesawat tempur China dan Jepang berada amat dekat satu sama lain," tambah sumber itu.

Pesawat pengebom strategis H-6K Badger ini mulai digunakan militer China pada 2009. Pesawat ini dirancang untuk terbang jarak jauh dan mampu menyerang gugus tugas kapal induk AS.

Pesawat ini memiliki daya jelajah tempur hingga 2.000 kilometer dan misil yang dibawanya membuat pesawat itu memiliki kemampuan menyerang hingga jarak 4.000 kilometer.

Halaman
12
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help