Ridwan Kamil Bantah Disebut One Man Show, Ini Buktinya

"Pengamat itu kadang gak tahu isi dapur. Di zaman saya kewenangan wali kota saya preteli.

Ridwan Kamil Bantah Disebut One Man Show, Ini Buktinya
kompas.com
Ridwan Kamil, Wali Kota Bandung (KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO) 

WARTA KOTA, JAKARTA- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil membantah soal label 'one man show', atau pemimpin yang beraksi sendirian, yang disematkan kepadanya oleh sejumlah pakar politik.

Ia pun memaparkan soal pembentukan delapan lembaga penasihat wali kota sebagai bukti bahwa segala kebijakan tak diputuskan sendiri.

"Pengamat itu kadang gak tahu isi dapur. Di zaman saya kewenangan wali kota saya preteli. Di zaman saya delapan lembaga penasihat Wali Kota dibentuk, supaya Wali Kota tidak one man show," ucap Emil, sapaan akrabnya, Senin (30/10/2017).

"Di zaman saya 50 lebih kewenangan wali kota di serahkan ke camat, supaya tidak sentralistik ke wali kota," tambahnya.

Ia menilai, label one man show merupakan pembacaan media. Sebab, ia selalu menjadi sasaran media untuk mengkonfirmasi suatu hal.

"Jadi karena yang sering dikutip oleh media yah Wali Kota, padahal kerja kami, kerja tim. Kalau itu dibaca begitu, pengamatnya salah tafsir, karena kenyataannya tidak begitu," ungkapnya.

"Jawabannya pengamatan itu keliru. Karena secara ilmiah di zaman Wali Kota Ridwan Kamil, kewenangan wali kota banyak dipreteli, didesentralisasi agar tidak terpusat, tidak otoriter, tidak one man show," ungkapnya.

Sebelumnya, pengamat politik dan tata negara Universitas Parahyangan Asep Warlan Yusuf menilai Ridwan Kamil punya sikap one man show dalam menjalankan roda pemerintahan. Situasi itu, terjadi di Kota Bandung saat ini.

Baca: VIDEO: Penjelasan Gubernur Anies Soal Alexis

Hal tersebut menjadi salah satu kekurangan Ridwan Kamil yang harus jadi catatan. Apalagi ia tengah berkontestasi di Pilkada Jabar.

"Ridwan dianggap agak one man show, dia agak nonjol sendiri. Agak berat bagi parpol karena parpol ingin ada wakilnya yang juga bisa kerja sama. Itu juga terjadi di Kota Bandung," ujarnya.

Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar memutuskan untuk mendukung Ridwan Kamil sebagai Calon Gubernur Jawa Barat pada Pilkada Jawa Barat 2018.(Kompas TV)
 

 KOMPAS.COM/Dendi Ramdhani

berita ini sudah tayang di Kompas.com dengan judul "Disebut 'One Man Show', Begini Tanggapan Ridwan Kamil"

Editor: ahmad sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help