WartaKota/
Home »

Bisnis

» Mikro

Gerakan Nasional Literasi Digital Kolaborasi Sebarkan Konten Positif di Internet

SiBerkreasi Netizen Fair 2017 ini akan digelar pada Jumat- Sabtu, 27-28 Oktober 2017 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat.

Gerakan Nasional Literasi Digital Kolaborasi Sebarkan Konten Positif di Internet
kompas.com
poster 

WARTA KOTA, KEMAYORAN--Gerakan Nasional Literasi Digital yang didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) kembali mengajak seluruh elemen masyarakat, termasuk berbagai komunitas terkait untuk merayakan semangat dan kreasi konten positif di dunia maya lewat SiBerkreasi Netizen Fair 2017.

Festival ini akan digelar pada Jumat- Sabtu, 27-28 Oktober 2017 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat.

Gerakan Nasional Literasi Digital berangkat dari kegelisahan berbagai elemen masyarakat terhadap besarnya ancaman bahaya penyebaran konten negatif jika tidak dikelola dengan tepat.

Seluruh konten negatif seperti hoax, hate speech, cyberbullying dan online radicalism ini berpotensi dikonsumsi oleh pengguna internet yang 80% di antaranya anak muda berusia 10-29 tahun dan 30 juta di antaranya adalah anak-anak.

Menkominfo Rudiantara mengemukakan, penanganan konten negatif di Indonesia tidak bisa dilakukan hanya oleh Kemenkominfo saja. Dalam hal ini, semua harus turut serta untuk membesarkan volume penanggulangan konten negatif.

BLANJA.com yang 80 persen karyawannya terdiri dari anak muda berusia di bawah 30 tahun menyatakan sependapat dengan Menkominfo bahwa gerakan menyebarkan konten positif perlu kolaborasi banyak pihak.

Anak muda sebagai generasi penerus bangsa diharapkan dapat berkontribusi terhadap gerakan ini, minimal dengan tidak ikut menyebarkan konten negatif serta memverifikasi pemberitaan.

“Generasi muda harus bijak dalam menyebarkan konten yang ada di Internet, karena kita membutuhkan lebih banyak lagi berita baik untuk memberikan citra positif di mata dunia,” Ujar Rieka Handayani, Head of Public Relations BLANJA.com di Jakarta, Jumat (27/10).

“Tidak menyebarkan konten negatif sudah menjadi concern kami dari dulu. Managemen menganggap penting hal tersebut, sehingga secara regular kami memberikan arahan dan imbauan kepada seluruh karyawan untuk lebih bijak dalam menggunakan akun medsosnya, karena bagaimanapun setiap individu kami membawa nama besar perusahaan," ujarnya.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: YB Willy Pramudya
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help