100 Hari Anies Sandi

Tagih Dua Janji Anies Baswedan, Warga Bukit Duri Bakal Geruduk Balai Kota

Warga juga siap menagih janji uang ganti rugi terkait gugatan yang mereka menangkan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, kemarin.

Tagih Dua Janji Anies Baswedan, Warga Bukit Duri Bakal Geruduk Balai Kota
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Sejumlah rumah yang berdiri di bantaran sungai Ciliwung, Bukit Duri, Jakarta Selatan, rata dengan tanah usai pembongkaran, Selasa (11/7/2017). 

WARTA KOTA, PALMERAH - Janji Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendirikan kampung deret di pinggiran Kali Ciliwung kawasan Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, bakal segera ditagih oleh warga yang memenangkan class action.

Warga juga siap menagih janji uang ganti rugi terkait gugatan yang mereka menangkan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, kemarin.

Sebelumnya, 93 warga Bukit Duri dari RW 10, 11, dan 12 memenangkan gugatan terhadap Pemprov DKI Jakarta, terkait penggusuran rumah di bantaran Kali Ciliwung tahun lalu.

Baca: 99 Persen Arief dan Sachrudin Pecah Kongsi di Pilkada Tangerang 2018

Penggusuran yang dilakukan demi normalisasi kali itu dinilai warga sangat sewenang-wenang dan tidak manusiawi. Rabu (26/10/2017) kemarin, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat memutuskan bahwa warga memenangkan gugatan tersebut.

Pemprov DKI Jakarta yang akhirnya dinyatakan terbukti melakukan perbuatan melawan hukum pun harus membayar Rp 18 miliar kepada para penggugat, atau sekitar Rp 200 juta per orang.

Pada masa kampanye Pilkada DKI Jakarta, Anies Baswedan juga pernah menandatangani kontrak politik bersama warga.

Baca: Pilkada Tangerang 2018 Mirip Kompetisi SBY dan JK Saat Pilpres 2009

Dalam kontrak politik yang diteken tanggal 9 Januari 2017 itu, Anies berjanji membangun kampung deret di kawasan bekas gusuran tersebut. Pembangunan kampung ini adalah bentuk ganti rugi atas penggusuran yang sudah dilakukan.

Dengan demikian, Anies yang kini sudah berstatus sebagai orang nomor satu di DKI Jakarta punya dua utang kepada warga Bukit Duri, yakni membayar Rp 200 juta kepada para penggugat, dan membangun kampung deret. Warga kini bersiap menagih janji tersebut.

Halaman
12
Penulis: Banu Adikara
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help