Kampung Deret yang Diinginkan Warga Bukit Duri

Warga Bukit Duri yang memenangkan gugatan class action punya standar sendiri soal kampung deret yang dijanjikan dibangun Gubernur Anies Baswedan.

Kampung Deret yang Diinginkan Warga Bukit Duri
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Sejumlah rumah yang berdiri di bantaran sungai Ciliwung, Bukit Duri, Jakarta Selatan, rata dengan tanah usai pembongkaran, Selasa (11/7/2017). 

WARTA KOTA, TEBET-Warga Bukit Duri yang memenangkan gugatan class action punya standar sendiri soal kampung deret yang dijanjikan dibangun oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Yang pertama yang penting jaraknya nggak jauh dari daerah sini kalaupun harus dibangun di tempat lain, " ujar Sani, salah satu warga penggugat, Kamis (26/10/2017).

Hal tersebut dikatakan Sani karena secara kasat mata, nampaknya mustahil membangun sebuah kampung deret di daerah padat penduduk tanpa menggusur lebih dulu bangunan yang sudah ada.

Kemungkinan membangun kampung deret di Bukit Duri pun sebelumnya sudah dinyatakan tidak mungkin oleh gubernur terdahulu, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Untuk diketahui, kampung Bukit Duri yang berada di pinggir Kali Ciliwung adalah kawasan pemukiman padat dengan ratusan bangunan permanen.

Jika program pembangunan kampung deret bagi warga Bukit Duri jadi direalisasikan, maka Pemprov DKI Jakarta sepertinya harus memutar otak mencari lahan ideal yang berdekatan dengan lokasi.

Hal kedua yang diinginkan warga dari kampung deret nanti adalah mereka bisa menempati rumah di sana tanpa harus membayar sewa apapun.

"Ya jadi nggak seperti rusunawa yang ada biaya sewa, " katanya lagi.

Kejelasan mengenai hal ini, kata Sani, nantinya akan dipertanyakan bersama para warga penggugat lainnya saat mereka mendatangi Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (27/10) besok.

Penulis: Banu Adikara
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved