Home »

News

» Jakarta

100 Hari Anies Sandi

Ini Bedanya Anies dan Ahok Menghadapi Gugatan Penggusuran

Gugatan class action yang diajukan warga Bukit Duri terkait penggusuran revitalisasi Kali ciliwung telah diterima Majelis Hakim PN Jakarta Pusat

Ini Bedanya Anies dan Ahok Menghadapi Gugatan Penggusuran
KOMPAS.com/NURSITA SARI
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan seusai menghadiri acara Santri of The Year di Galeri Nasional Indonesia, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (22/10/2017). 

WARTA KOTA, GAMBIR -- Gugatan class action yang diajukan warga Bukit Duri terkait penggusuran revitalisasi Kali ciliwung telah diterima seluruhnya oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dalam sidang putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada Rabu (25/10) diterima terbuka oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan.

Dirinya mengaku tidak akan mengajukan banding atas keputusan yang tersebut.

“Mengenai Bukit Duri, kita menghormati keputusan pengadilan, kita tidak berencana melakukan banding,” kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat pada Kamis (26/10)

Berbeda semasa kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama dulu yang menggebu-gebu melawan sebanyak 93 warga yang semula bermukim di pinggir Kali Ciliwung, tepatnya berasal dari RW 10, 11, dan 12 Bukit Duri, tebet, Jakarta Selatan.

Anies pasrah dan akan memenuhi keputusan majelis hakim dengan membayar ganti rugi materil sebesar Rp 200 juta kepada masing-masing warga.

Walau begitu, dirinya berjanji akan mengajak warga Bukit Duri berembuk untuk melakukan penataan kawasan.

Sehingga solusi tidak hanya berada sepihak dari pihak Pemprov DKI Jakarta semata, terlebih pembangunan kampung deret yang menjadi janji politik Anies-Sandi ketika kampanye.

“Termasuk soal penyelenggaraan ganti rugi ke warga. Jadi kita akan rembukan dengan mereka supaya solusinya bukan sekadar menurut kami A, menurut kami B, tapi kami akan ajak sama-sama bicara, dihitung sama-sama.

"Kemarin perhitungannya seperti apa, mau diapakan, masyarakat menginginkan seperti apa, pemerintah ingin apa, kita ketemukan. Termasuk kalau membangun kampung deret kita bicarakan,” jelasnya.

Segera Pindahkan Sekolah 

Halaman
12
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Dian Anditya Mutiara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help