Berkat Rambut, Pelajar SMA Santa Laurensia Tangerang Juara Olimpiade

Berkat eksperimen soal rambut, Samuel Benedict (17) dan Cristopher Richard (17) menjuarai olimpiade siswa jenius internasional.

Berkat Rambut, Pelajar SMA Santa Laurensia Tangerang Juara Olimpiade
Samuel Benedict (17), siswa SMA Santa Laurensia, Alam Sutera, Tangerang berhasil jadi juara Genius Olympiad 2017 di AS. 

WARTA KOTA, TANGERANG-Samuel Benedict (17) dan Cristopher Richard (17) murid kelas 12 IPA di SMA Santa Laurensia, Alam Sutera, Tangerang menorehkan prestasi gemilang di kancah internasional.

Temuan mereka soal limbah rambut yang dapat mengatasi, mencegah korosi pada besi dan logam berhasil meraih medali emas bidang kimia pada Genius Olympiad 2017 di Oswego, Amerika Serikat.

"Ini luar biasa buat saya dan sekolah,"ujar Samuel saat ditemui di sekolahnya, Selasa (24/10/2017)

Samuel, siswa yang memiliki tinggi 1,75 meter ini mengaku melakukan penelitian akan ikatan sulfida (tahan asam) dan zat kerotin pada rambut yang ternyata bisa dicampur dalam cat agar anti korosi.

"Proses penelitian dan ekstrasinya 1,5 bulan," ucapnya.

Ide ini, berawal dari Samuel memotong rambut di sebuah tempat pemotongan rambut.

"Di salon, rambut itu sampai berkardus-kardus, ditumpuk, dibuang begitu saja. Habis pikir, saya iseng cari tahu ada kandungan apa aja sih di rambut kita," kata Samuel.

Selanjutnya, Samuel mencari informasi soal zat keratin di dalam rambut yang merupakan ikatan unsur sulfida. Bahan tersebut bisa bermanfaat untuk meningkatkan kualitas cat.

"Saya pikir, kenapa keratin ini enggak dimanfaatkan untuk di cat saja. Lalu saya coba-coba, bikin formulasi cat yang beda-beda," ungkapnya.

Kebetulan, saat itu Samuel sedang ada tugas sekolah untuk membuat proyek sains. Sehingga dia menuangkan idenya mengetahui manfaat keratin dari rambut sekaligus mengerjakan tugas tersebut.

Halaman
123
Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved