VIDEO: Ibu-ibu Rusun Tambora Dilatih Kreatifitas Agar Bisa Hasilkan Kerajinan

"Harapan mendapatkan meningkatkan kesejahteraan dan meningkatkan taraf ekonomi," ungkapnya.

WARTA KOTA, JAKARTA-  Untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Rusun Tambora, Jakarta Barat, Senin (23/10) mengadakan pelatihan kerajinan koran bekas dipadu dengan kain perca yang dapat dijadikan produk kreatif. Kegiatan itu berlangsung selama empat hari.

Puluhan ibu-ibu yang tinggal di Rusun Tambora tampak antusias dengan kegiatan tersebut. Dari bahan koran bekas yang diplintir-plintir dan dipadu dengan kain perca jadilah produk kreatif seperti tas, tempat minuman dan tempat gelas.

 Kepala Suku Dinas Perindustrian dan Energi Jakarta Barat, Ery Ghazali mengatakan kegiatan pemberdayaan masyarakat, komunitas masyarakat penghuni Rusun Tambora dengan pelatihan kerajinan koran bekas kombinasi kain perca akan dilakukan selama empat hari. Setelah Rusun Tambora, ada dua Rusun lainnya yang menjadi target pelatihan.

 Seperti di Rusun Pesakih Daan Mogot, dan Rusun Flamboyan, Cengkareng. "Tahun ini rencananya satu Rusun ada 30 masyarakat yang dikasih pelatihan. Hasil kerajinan kreatif yang dibuat masyarakat nantinya akan dijual," kata Ery, Senin (23/10).

 Dia menjelaskan program ini sesuai dengan visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Yaitu menciptakan 200 ribu tenaga kerja selama 5 tahun ke depan. "Ini mendukung penciptaan wirausaha industri baru," ungkap dia.

 Dia berharap dengan adanya pembinaan itu warga bisa mandiri. Sehingga bisa mendongkrak ekonomi menengah ke bawah.

 "Harapan mendapatkan meningkatkan kesejahteraan dan meningkatkan taraf ekonomi," ungkapnya.

 # Membantu Suami

 Neneng Jumroh (43) tampak sibuk melipat-lipat koran bekas. Walaupun sulit dia tetap semangat. "Pelatihannya lumayan buat pengalaman dan cari ilmu lagi," kata ibu dua orang anak itu.

 Dia mengaku pekerjaan kreatif itu bisa membantu uang dapur. Karena gaji dari suami tidak cukup. "Bisa bermanfaat bantu suami dan tambah-tambah uang dapur," ungkapnya.(bin)

Penulis:
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved