WartaKota/

Nah Ini Dia Rahasia Bikin V60 ala Community Coffee Bintaro

Kedai kopi ini memberikan kesempatan bagi pengunjung yang ingin mengetahui proses pembuatan minuman kopi dengan terbuka.

Nah Ini Dia Rahasia Bikin V60 ala Community Coffee Bintaro
Warta Kota/Yosia Margaretta
Caranya dengan dibikin memutar supaya bubuk kopi yang ada dipinggir-pinggirnya ini kena air panas semua. 

WARTA KOTA, BINTARO -- Anda penggemar kopi? Tidak ada salahnya untuk mampir ke kedai kopi yang terletak di Jalan Sam Ratulangi MN 1 Ruko Sentra Menteng, Tangerang Selatan ini.

Kedai kopi ini memberikan kesempatan bagi para pengunjung yang ingin mengetahui proses membuat minuman kopi dengan terbuka.

"Boleh banget kalau mau cupping misalnya atau mau tau gimana sih buat kopi V60" ujar salah satu barista Community Coffee, Habib.

Proses pembuatan V60 sendiri dimulai dari pembasahan filter dengan air panas yang bertujuan untuk menghilangkan efek-efek negatif dari filter itu sendiri ke dalam kopi.

Selanjutnya biji kopi ditakar seberat 15 gram dan setelah itu di haluskan terlebih dahulu sebelum diproses.

Setelah dihaluskan bubuk kopi dimasukkan ke dalam filter lalu disiram dengan air panas.

"Ini namanya proses blooming selama 30 detik didiamkan setelah dikasih air panas sedikit agar bubuk kopinya gak kaget untuk dapat air panas selanjutnya" ujar Habib.

Setelah proses blooming itu sendiri dilanjutkan dengan menyiramkan air panas kembali ke bubuk kopi dengan cara memutar dan perlahan-lahan.

"Dibikin memutar supaya bubuk kopi yang ada dipinggir-pinggirnya ini kena air panas semua" tutur Habib sambil melakukan proses V60 pada kopi lokal yang berasal dari daerah Dolok Sanggul, Sumatra Utara.

Setelah air panas yang dituang cukup, air ditunggu hingga surut dari filter dan kopi siap disajikan.

Community Coffee buka dari senin hingga kamis pada pukul setengah 8 hingga pukul 9 malam sedangkan jumat hingga minggu pada pukul 8 hingga 10 malam. (Yosia Margaretta)

Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help