WartaKota/

Ini yang Bikin Investasi Berlian Kurang Atraktif

“Kebanyakan perhiasan berlian jadi memori. Seperti dijadikan tanda kelahiran, pernikahan, dan lainnya atau heritage value. Nilai ini bukan uang”

Ini yang Bikin Investasi Berlian Kurang Atraktif
Warta Kota/Lilis Setyaningsih
BERLIAN mempunyai nilai investasi tersendiri, yakni investasi di status, kecantikan, dan heritage. 

WARTA KOTA, TANJUNG DUREN --- Berlian bisa dipakai sebagai investasi. Namun, jangan berharap akan mendapat keuntungan materi berlipat yang ‘atraktif’  di kemudian hari.

Bila ingin mengharapkan keuntungan yang berlipat, sebaiknya bukan berinvestasi di berlian. Sebaiknya lebih ke investasi  saham atau properti saja. Berlian lebih memberikan keuntungan berbeda,  lebih non materi. Walaupun tetap ada keuntungan ketika benar-benar serius berinvestasi di berlian.  

UNTUK menentukan berlian dari alam atau berlian sintetis diperlukan keahlian tersendiri untuk mengenalinya. Terlebih secara kasat mata, berlian dari alam dan sintetis sangat sulit dibedakan. Devi Cahyadi  (tengah) salah satu ahli berlian atau Diamond Expert Gemological Institute of America bersama COO PT Central Mega Kencana Petronella Soan (kiri) serta Patricia Gunawan.
UNTUK menentukan berlian dari alam atau berlian sintetis diperlukan keahlian tersendiri untuk mengenalinya. Terlebih secara kasat mata, berlian dari alam dan sintetis sangat sulit dibedakan. Devi Cahyadi (tengah) salah satu ahli berlian atau Diamond Expert Gemological Institute of America bersama COO PT Central Mega Kencana Petronella Soan (kiri) serta Patricia Gunawan. (Warta Kota/Lilis Setyaningsih)

“Berlian merupakan kekayaan yang bisa di bawa-bawa. Bandingkan punya emas batangan, masak dibawa-bawa? kan ngga. Kekayaan emas batangan hanya tersimpan di bank saja,” kata Diamond Expert Gemological Institute of America Devi Cahyadi saat Media Workshop-Diamond Talk dengan tema Variasi Perhiasan Berlian di Pullman Hotel, belum lama ini.

Menurutnya, bila ada ketertarikan investasi pada berlian seringkali tidak sesuai ekspektasi yang diharapkan.

“Jangan berharap dapat keuntungan besar pada berlian. Bisa menguntungkan tapi nilai keuntungannya tidak se-atraktif investasi  lain. Low value low risk,” ujar Devi.  

Ia menegaskan, potensi keuntungan pada berlian sebagai investasi di status, kecantikan, serta heritage. Devi yang menjadi sedikit orang yang ahli di bidang berlian mengatakan, investasi berlian keuntungannya terbanyak pada non materi.

Harga berlian yang  tidak murah menjadi simbol status yang luar biasa bagi pemakainya. Berlian sejak dulu menjadi pilihan perhiasan kalangan bangsawan dan kalangan atas. Menjadi salah satu pengguna berlian, bagi sebagian orang tentu akan dianggap menaikan status sosial.

Kilau berlian pun menjadi kecantikan tersendiri bagi empunya. Sementara heritage adalah kenangan yang melekat pada berlian. Sifat berlian yang abadi membuat perhiasan dari berlian menjadi lekat dengan memori dan diwariskan. Banyak sekali perhiasan berlian dijadikan warisan dari ibu ke anaknya dan seterusnya sampai beberapa generasi.

“Kebanyakan perhiasan berlian jadi memori. Seperti dijadikan tanda kelahiran, pernikahan, pertunangan, dan lainnya atau heritage value. Nilai ini bukan uang,” ucap Devi.

BERLIAN mempunyai nilai investasi tersendiri, yakni investasi di status, kecantikan, dan heritage.
BERLIAN mempunyai nilai investasi tersendiri, yakni investasi di status, kecantikan, dan heritage. (Warta Kota/Lilis Setyaningsih)

Diingatkan, kalaupun ingin berinvestasi di berlian, perlu kehati-hatian untuk mendapatkan berlian asli atau berlian natural dari alam. Saat ini tidak sedikit beredar berlian sintetis (bukan dari alam) tapi pabrikan yang sekilas sangat mirip dengan yang natural.

Halaman
12
Penulis: Lilis Setyaningsih
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help