Inilah Program-program yang Dipaparkan Walkot Tangerang di Forum Wali Kota Sedunia

Walkot Tangerang mengaku baru saja mendapatkan kesempatan mamaparkan berbagai kebijakan pembangunan berkelanjutan di Seoul.

Inilah Program-program yang Dipaparkan Walkot Tangerang  di Forum Wali Kota Sedunia
Istimewa
Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah berfoto bersama para Wali Kota dari berbagai belahan dunia seusia menandatangani 'Ambituoius City Promisses' pada 2017 Seoul Mayors Forum on Climate Change yang diselenggarakan oleh Internasional Council for Local Enviromental Initiatives (ICLEI), di Seoul, Korea Selatan 

WARTA KOTA, TANGERANG -- Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah menyampaikan berbagai kebijakan pembangunan berwawasan lingkungan yang dilakukan di Kota Tangerang telah menarik minat lembaga Internasional Council for Local Enviromental Initiatives (ICLEI).

ICLEI merupakan lembaga internasional yang peduli terhadap isu-isu lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan di dunia.

Mereka mengundang Arief R. Wismansyah selaku Wali Kota Tangerang menjadi pemateri dalam pertemuan
bernama 2017 Seoul Mayors Forum on Climate Change (Forum Wali Kota Seluruh Dunia untuk Perubahan Iklim) di Korea Selatan. Acara berlangsung pada 19-20 Oktober 2017 di kota Seoul.

Melalui sambungan telepon, Arief menyampaikan bahwa dalam kegiatan tersebut dirinya mendapat kesempatan memaparkan beberapa program unggulan dalam mengatasi perubahan iklim.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah berfoto bersama dengan para wali kota dari berbagai belahan dunia selaku peserta '2017 Seoul Mayors Forum on Climate Change' yang diselenggarakan oleh Internasional Council for Local Enviromental Initiatives (ICLEI) di Seoul. Acara ini berlangsung di ibu kota Korea Selatan selama 10-20 Oktober 2017.
Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah berfoto bersama dengan para wali kota dari berbagai belahan dunia selaku peserta '2017 Seoul Mayors Forum on Climate Change' yang diselenggarakan oleh Internasional Council for Local Enviromental Initiatives (ICLEI) di Seoul. Acara ini berlangsung di ibu kota Korea Selatan selama 10-20 Oktober 2017. (Istimewa)

Di depan forum Arief memaparkan penghijauan yang meliputi beberapa program antara lain Tangerang Bersih, Tangerang Sehat dan Pengelolaan Sampah.

“Termasuk juga program penghematan energi dengan menggunakan transportasi massal yang nyaman dan aman. Juga sistem rekayasa lalau lintas melalui Area Traffic Control System (ATCS),” ujar orang nomor satu di Kota Tangerang itu, Jumat.

Pada bagian lain wawancara jarak jauh itu, Arief juga memaparkan pelaksanaan kegiatan Car Free Day pada setiap akhir pekan serta pembuatan jalur khusus bagi sepeda agar polusi yang ditimbulkan dari asap kendaraan bisa berkurang.

“Sementara untuk menjaga mutu kualitas udara yang berakibat pada perubahan iklim, Pemkot juga melakukan uji emisi kendaraan secara rutin dan juga memasang alat pengukur udara di beberapa lokasi,” ucap Arief seraya menjelaskan, program tersebut sejalan dengan program Langit Biru yang diluncurkan oleh Kementrian Lingkungan Hidup.

“Hasilnya, Pemkot Tangerang pernah mendapatkan penghargaan langit biru karena mampu menjaga kualitas udara dengan baik,” kata Arief.

Walkot Tangerang itu juga memaparkan program unggulan lain seperti Kampung Iklim. Program ini bertujuan untuk menggerakkan masyarakat agar secara mandiri memliki peduli terhadap lingkungan.

Halaman
12
Penulis: Andika Panduwinata
Editor: YB Willy Pramudya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help