WartaKota/

Empat Tahun Rusak, Perbaikan Drainase Jalan Fudholi Bekasi Baru Dilakukan Tahun Depan

Meski belum ada pos anggaran, Dinas PUPR tetap melakukan penanggulangan darurat dengan mengerahkan satu unit ekskavator untuk menggali sedimen lumpur.

Empat Tahun Rusak, Perbaikan Drainase Jalan Fudholi Bekasi Baru Dilakukan Tahun Depan
Warta Kota/Fitriyandi Al Fajri
SISTEM drainase di Jalan KH Fudholi, Desa Karang Asih, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, yang dituntut warga untuk diperbaiki karena menyebabkan genangan setiap kali usai hujan deras, Kamis (19/10/2017). 

WARTA KOTA, BEKASI --- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bekasi belum bisa memperbaiki sistem drainase di Jalan KH Fudholi, Desa Karang Asih, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi. Sebab pos anggaran untuk memperbaiki drainase di sana belum disiapkan untuk tahun ini.

"Tahun depan drainasenya akan kita perbaiki permanen dengan memasang u-ditch," kata Pelaksana tugas Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bekasi, Jamaludin, saat dihubungi, Kamis (19/10/2017).

Baca: 4 Tahun Drainase Jalan Dibiarkan Rusak di Bekasi, Warga Blokir dan Tebar Benih Lele 

ALAT berat yang disiapkan di drainase Jalan KH Fudholi, Desa Karang Asih, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi.
ALAT berat yang disiapkan di drainase Jalan KH Fudholi, Desa Karang Asih, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi. (Warta Kota/Fitriyandi Al Fajri)

Seperti diberitakan pada Minggu (8/10) lalu, warga sempat memblokir Jalan KH Fudholi karena kesal selama empat tahun sistem drainase tak kunjung diperbaiki. Akibatnya, jalan sepanjang 2 kilometer itu kerap tergenang setinggi 20 cm usai dilanda hujan.

Bahkan kekecewaan warga itu ditunjukkan dengan menebar puluhan bibit lele dan memasang plank 'destinasi wisata' di sana. Warga berharap, agar dinas terkait segera memperbaiki drainase tersebut.

SISTEM drainase di Jalan KH Fudholi, Desa Karang Asih, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi yang tak kunjung diperbaiki.
SISTEM drainase di Jalan KH Fudholi, Desa Karang Asih, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi yang tak kunjung diperbaiki. (Warta Kota/Fitriyandi Al Fajri)

Meski belum ada pos anggaran, namun Dinas PUPR tetap melakukan penanggulangan darurat. Di sana, kata Jamaludin, sudah dikerahkan satu unit ekskavator ukuran kecil untuk menggali sedimen lumpur.

"Sekarang sifatnya hanya gotong royong dengan mengeruk lumpur, sehingga air hujan di jalan mengalir ke saluran," ujar Jamaludin.

SISTEM drainase di Jalan KH Fudholi, Desa Karang Asih, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi yang diprotes warga karena tak kunjung diperbaiki.
SISTEM drainase di Jalan KH Fudholi, Desa Karang Asih, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi yang diprotes warga karena tak kunjung diperbaiki. (Warta Kota/Fitriyandi Al Fajri)

Selain dipenuhi lumpur, kata dia, saluran air di sana juga menyempit dan ditutupi bangunan warga. Sejauh ini warga sekitar telah sepakat dengan rencana pembongkaran bangunan miliknya dalam upaya normalisasi saluran.

"Kami minta kalau sudah diperbaiki, jangan mendirikan bangunan lagi di atas saluran karena nanti akan dinormalisasi lagi," jelasnya.

WARGA saat memblokir Jalan KH Fudholi, Desa Karang Asih, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, akibat drainase yang rusak dan tak kunjung diperbaiki.
WARGA saat memblokir Jalan KH Fudholi, Desa Karang Asih, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, akibat drainase yang rusak dan tak kunjung diperbaiki. (Warta Kota/Fitriyandi Al Fajri)

Walau rencana perbaikan itu akan dilakukan tahun depan, namun Jamaludin belum bisa menyebutkan biayanya. Sampai saat ini, pihaknya masih menyusun Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) perbaikan drainase untuk dimasukan dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018.

"Intinya tahun depan akan kita perbaiki, kita minta warga bersabar kemungkinan awal tahun akan dimulai pengerjaannya," katanya. 

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help